Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

7 Khasiat Dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Serta Penyembuhan Penyakit

Banyak sekali manfaat temulawak untuk kesehatan. Tanaman temulawak sebenarnya berasal dari negara Indonesia, lebih tepatnya di pulau Jawa dan pada masa sekarang ini tanaman temulawak sudah merebak ke segala penjuru negara Asia tenggara anatara lain Malaysia, Thailand, dan Filipina serta tumbuh juga di negara-negara lain seperti Jepang, Barbados, India, Amerika serikat, Korea, China, dan negara-negara lain di Eropa.

Temulawak atau nama latinnya adalah curcuma xanthorhiza merupakan jenis tanaman obat dari suku temu-temuan dengan nama latin zingiberaceae. Selain untuk di manfaatkan sebagai obat tradisional, temulawak juga sering di gunakan untuk bumbu dapur terutama untuk daerah Sunda.

Tanaman temulawak sering di sebut juga dengan saudara dari tanaman jahe, karena sama-sama berbentuk rimpang. Tanaman temulawak dapat tumbuh subur pada stuktur tanah yang gembur dan biasanya tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian mencapai 150 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini juga mampu hidup dan beradaptasi di hutan tropis.

7 Manfaat Sehat Temulawak Yang Perlu Diketahui

Ada banyak kandungan yang terdapat didalam tanaman temulawak ini diantaranya pati, protein, abu serat, phelandren, kamfer, sinal, xanthorrizol, phelandren, minyak atsiri dan turmoerol. Tanaman temulawak banyak di budidayakan karena manfaatnya yang amat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat temulawak untuk keseahatan yang perlu anda ketahui.

1. Mampu Menghancurkan Batu Empedu.

Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan adalah karena temulawak di kenal memiliki zat kolagoga. Zat kolagoga ini berguna untuk di jadikan obat yang mampu menghancurkan batu empedu. Faktor yang menjadi pemicu zat ini adalah penyumbatan, hiperkolesterolemia serta adanya radang di saluran empedu. Untuk itulah pengobatan menggunakan temulawak sangat dianjurkan untuk para penderita batu empedu, atau pilihlah bahan alami lain yang mempunyai kandungan kolagoga. Sebaiknya lakukan pula diet kolesterol tingkat lanjut dalam waktu 3 sampai 4 bulan ketika batu empedu telah hancur.

2. Mengobati Radang Sendi.

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah karena temulawak mempunyai kandungan kurkumin yang bersifat anti inflamasi. Kadar zat tersebut hampir sama dengan 100 mg fenilbutazon yang biasanya di gunakan untuk mengurangi rasa nyeri serta radang sendi. Zat kurkumin yang terdapat pada temulawak bekerja melalui penghambatan migrasi yang di kerjakan oleh sel-sel leukosit menuju daerah radang atau melalui penghambatan pembentukan transportasi mediator radang yang bernama prostagladin.

3. Penambah Nafsu Makan.

Banyak sekali masalah yang pasti ditimbulkan akibat selera makan yang buruk. Apalagi untuk anak-anak yang lebih cenderung mengalami kekurangan nafsu makan. Untuk dapat mengembalikan nafsu makan, anda bisa menggunakan bahan alami temulawak yang akan bekerja dengan merangsang keinginan untuk makan. Didalam temulawak ada sifat karminatum yang telah di percaya mampu meningkatkan nafsu makan.

Untuk membuat obat penambah nafsu makan berbahan dasar temulawak bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Siapkan 25 gram rimapang temulawak.
  • Sediakan pula 10 gram asam jawa.
  • Gula merah secukupnya.
  • Rebus bahan-bahan tersebut dengan 600 cc air dan biarkan menyusut menjadi 300 cc, saringlah dan minumlah air rebusan tadi.

4. Melindungi Saluran Pencernaan.

Temulawak juga bermanfaat untuk melindungi saluran pencernaan di dalam tubuh. Serbuk rimpang dari temulawak berperan penting di dalam cairan lambung yang dapat memberikan efek yang sehat pada usus halus yaitu dengan mengurangi kontraksi dan membantu proses metabolisme didalam tubuh. Cukup dengan menyediakan 8 gram temulawak segar dan rebus di dalam air dengan suhu 90 derajat selama 15 menit, setelah itu minumlah air tersebut 3 kali sehari.

5. Mengatasi Jerawat.

Untuk mengatasi masalah jerawat cobalah untuk membuat ramuan alami temulawak yang bisa di buat dengan cara membersihkan rimpang temulawak dengan ukuran 1 jari dan irislah, kemudian rebuslah temulawak yang telah di iris-iris tadi menggunakan 4 gelas air putih dan tunggulah sampai mendidih. Setelah air menyusut menjadi 2 gelas diamkan agar dingin, setelah itu saring senglah, tambahkan sedikit madu ke dalam air rebusan tersebut sebagai penambah rasa manis. Minumlah air rebusan tadi secara rutin 2 kali sehari, pagi satu gelas dan sore satu gelas.

6. Memelihara Kesehatan tubuh.

Tidak bisa diragukan lagi karena khasiat temulawak memang telah dikenal oleh semua orang. Temulawak ini juga mampu berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas oksigen misalnya anion superoksid, dan mampu menghambat radikal hidroksil yang mampu membantu memelihara kesehatan tubuh. Minumlah rebusan ekstrak temulawak yang kering 3 kali dalam sehari dengan memakai takaran sebanyak 250 sampai 500 mg.

7. Mampu Menurunkan Lemak Dalam Darah.

Salah satu komponen yang ada didalam temulawak yaitu kurkuminiod di percaya memiliki kemapuan dalam hal menurunkan lemak dalam darah. Tidak hanya itu manfaat yang mengagumkan dari temulawak dan kurkuminoidnya sanggup menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik serta trigliserida.

Demikian manfaat temulawak untuk kesehatan yang bisa anda gunakan sebagai bahan obat alami untuk mengatasi berbagai keluhan yang anda derita.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.