Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Tips Mengkonsumsinya


Lemak tubuh sebenarnya sangat dibutuhkan, namun terlalu banyak lemak menumpuk juga malah akan membuat Anda terganggu. Bisa-bisa Anda mengalami obesitas atau gangguan metabolisme tubuh. Biasanya yang paling mengganggu adalah lemak area perut, selain akan menggangu aktivitas harian, juga akan membuat penampilan Anda jadi tidak bagus. Nah, salah satu solus yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengurangi lemak adalah dengan jeruk nipis. 10 manfaat jeruk nipis untuk diet paling ampuh sudah banyak dimanfaatkan oleh mereka yang kelebihan lemak ditubuhnya.

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis dan sangat ampuh untuk meluruhkan lemak di tubuh Anda, antara lain vitamin C, potassium, asam folat dan limonin.

Berikut ini adalah 10 manfaat jeruk nipis untuk diet:

1. Bisa mencegah produksi Zat Apo B

Sebelumnya sudah di jelaskan bahwa jeruk nipis mempunyai kandungan limonin. Kandungan ini sangat baik agar mencegah sel hati untuk memproduksi zat Apo B. Apo B merupakan senyawa yang akan sangat berhubungan dengan kenaikan kolesterol darah. Jika produksi zat tersebut terlalu berlebihan maka dengan otomatis akan sangat mempengaruhi kadar kolesterol yang semakin meningkat dan akhirnya berat badan semakin bertambah.

2. Bisa membantu detoksifikasi tubuh

Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk melakukan diet sehat. Ya, jeruk nipis sangat ampuh untuk melakukan detoksifikasi pada tubuh dan bisa dengan alami mengeluarkan racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dengan cara membersihkan penumpukan lemak serta kotoran di dalam usus. Dengan jeruk nipis pencernaan Anda akan semakin membaik.

3. Menangkal terjadinya radikal bebas di dalam tubuh

Sudah sangat jelas disebutkan pada manfaat sebelumnya bahwa jeruk nipis sangat ampuh dijadikan sebagai bahan alami untuk membakar lemak dalam tubuh. Namun, selain membakar lemak jeruk nipis juga sangat berguna untuk menangkal terjadinya radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan antioksidan di dalam jeruk nipis sangat tinggi sehingga bisa menghindari terjadinya radikal bebas di dalam tubuh akibat paparan polusi udara seperti asap rokok dan yang lainnya.

4. Menurunkan Berat Badan

Untuk point ini sudah sangat jelas karena semua kandungan di dalam jeruk nipis sangat membantu pembakaran lemak di dalam tubuh. Oleh sebab itu tidak jarang banyak sekali masakan yang menambahkan jeruk nipis di atasnya guna mengurangi lemak di dalam masakan.

5. Mengurangi rasa lapar dalam waktu lama

Nah, saat sedang diet tentunya Anda harus bisa mengurangi intensitas makan harian Anda, karena kalau terlalu banyak makan diet Anda malah tidak akan berhasil. Untuk membantu mengurangi rasa lapar Anda bisa mengkonsumsi jeruk nipis karena sangat ampuh mengurangi dan menahan rasa lapar dalam waktu lama. Seketika perut Anda terasa sangat penuh.

6. Bisa membakar lemak dengan ampuh

Jeruk nipis mempunyai kandungan asam sitrat dan juga citrid acid, kedua kandungan ini sangat ampuh meningkatkan metabolsime lemak dalam tubuh, sehingga mampu mengubahnya menjadi energi. Lemak tubuh yang sangat sulit di metabolisme oleh tubuh malah akan semakin menumpuk dan memicu kenaikan berat badan dengan sangat cepat.

7. Pencernaan menjadi lancar

Tidak sedikit orang yang sedang melakukan diet malah memiliki masalah pada sistem pencernaannya. Ya, ini sangatlah mengganggu. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah pencernaan, Anda bisa mengatasinya dengan jeruk nipis. Konsumsi buat tersebut akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan bisa bekerja lebih efektif. Namun sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita maagh karena rasa asamnya bisa mengganggu dan membuat maagh Anda kambuh.

8. Menjaga kadar gula darah agar tetap dalam keadaan stabil

Gula darah yang ada didalam tubuh juga akan sangat mengganggu pada peningkatan berat badan, diabetes dan terganggunya metabolisme. Gula darah biasanya akan disebabkan karena seseorang kelebihan mengkonsumsi gula secara berlebihan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan dan gula yang masuk tidak dapat diubah menjadi energi, hal tersebut malah akan membuat gula darah naik dan Anda mengalami diabetes, selain itu metabolisme lemak juga sangat terganggu. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis Anda bisa mengatasi masalah tersebut.

9. Membantu peningkatan kekebalan tubuh

Saat tengah dalam program diet, kemungkinan besar tubuh Anda akan sangat kekurangan nutrisi yang berguna untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menggantikan nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi jeruk nipis, karena kandungan vitamin C nya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda saat sedang menjalani program diet sehat.

10. Mencegah terjadinya sembelit

Pernah mengalami sembelit saat diet? Ini sangat terasa mengganggu bukan? Anda akan merasa perut sangat penuh. Nah, dengan jeruk nipis masalah sembelit yang Anda alami bisa teratasi. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jeruk nipis mampu membersihkan pencernaan dengan baik.

Tips Mengkonsumsi Jeruk Nipis Untuk Diet

Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet, berikut ini adalah tips bagaimana agar Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan.

  • Konsumsi jeruk nipis di pagi hari

Setelah Anda bangun tidur tepatnya saat pagi hari, siapkalah 2 jeruk nipis yang ukurannya besar, atau bisa juga 3 buah dengan ukuran sedang. Kemudian peras jeruk nipis, bisa menggunakan alat agar lebih mudah. Ambil airnya tambahkanlah air hangat. Ingat, jangan tambahkan gula atau pemanis lain sebagai campurannya. Jika Anda tidak kuat dengan rasa asamnya, Anda bisa menambahkan madu murni.

Minumlah air perasan jeruk nipis tersebut saat perut Anda masih dalam keadaan kosong. Ini akan membantu Anda untuk menetralisir penyerapan lemak saat sarapan. Konsumsi jeruk nipis di pagi hari juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan stamina tubuh saat akan menjalankan aktifitas pada siang sampai sore hari.

  • Konsumsi jeruk nipis di malam hari

Nah, sebelum Anda akan tidur pada malah hari sebaiknya Anda juga mengkonsumsi jeruk nipis. Tepatnya 2 jam setelah Anda selesai makan malam, dan sangat diusahakan makan malam Anda tidak lebih dari jam 6 sore. Seperti sebelumnya, untuk pengolahannya Anda bisa memeras jeruk nipis kemudian mencampurkan dengan air hangat.

Mengkonsumsi jeruk nipis sebelum tidur bisa membantu meluruhkan lemak yang ada di dalam makanan yang sebelumnya Anda konsumsi saat makan malam. Termasuk lemak lain yang masih tersisa di dalam tubuh.
Kalau Anda ingin mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal, Anda bisa mengikuti diet jeruk nipis dengan olahraga rutin setiap hari, minimal 30 menit setiap hari atau usahakan agar setiap hari Anda bisa berkeringat.

Itulah 10 manfaat jeruk nipis untuk diet dan tips mengkonsumsinya. Anda bisa melakukan diet jeruk nipis selama 1 bulan penuh, yang terpenting adalah konsisten saat mengkonsumsi jeruk nipis di pagi dan malam hari.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.