Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

14 Makanan Pencegah Kehamilan Dan Menundanya Terlebih Dahulu


Tak semua pasangan yang menikah ingin segera mendaoatkan kehamilan. Ada banyak faktor –faktor yang membuat pasangan menikah menunda untuk memiliki momongan. Untuk mencegah kehamilan, biasanya pasangan akan menggunakan alat kontrasepsi dan lainnya. Namun selain itu, bagi wanita juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan-makanan pencegah kehamilan sebagai menu wajib. Ada beberapa makanan yang memang bisa bermanfaat untuk mencegah kehamilan.

Meskipun hasilnya tidak bisa menjamin 100% untuk dapat mencegah kehamilan. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba bagi anda yang berkeinginan untuk menunda memiliki momongan. Tentu saja mengkonsumsi makanan pencegah kehamilan ini perlu diimbangi dengan porsi yang tepat sehingga jangan sampai menimbulkan efek samping tertentu, terutama jika anda mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak alami.

Makanan Pencegah Kehamilan Yang Bisa Anda Coba

Nah berikut ini ada beberapa makanan pencegah kehamilan yang dapat anda coba.

1. Pepaya Muda

Jika buah papaya yang matang sangat baik dikonsumsi karena dapat menyehatkan pencernaan dan mata, namun jika papaya tersebut masih muda dapat menjadi makanan yang dapat mencegah kehamilan. Hal ini karena getah pada papaya muda yang mengandung zat papain di dalamnya. Buah tersebut memang tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang melakukan program kehamilan. mengapa? Karena dapat merangsang kontraksi pada rahim sehingga bisa menyebabkan keguguran. Sehingga jika anda ingin mencegah kehamilan, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi papaya hijau ini secara rutin.

2. Nanas

Buah nanas juga menjadi salah satu buah yang daoat mencegah kehamilan. Kandungan bromelain yang ada di dalam buah ini memang tidak baik bagi ibu yang sedang hamil, terutama jika sedang hamil muda. Kandungan di dalam buah nanas ini bisa melunakkan leher rahim. jika kondisi leher rahim tersebut sampai lunak, maka akan menyebabkan potensi bayi lahir premature. Jika anda tidak menginginkan kehamilan sementara, maka anda bisa mengkonsumsi buah nanas setiap harinya.

3. Daging Setengah Matang

Makanan pencegah kehamilan lainnya yang bisa dikonsumsi adalah daging setengah matang. Hal ini karena di dalam daging setengah matang terdapat bakteri toksoplasma serta listeria yang mana bisa menganggu selama proses kehamilan. Makanan ini juga snagat tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil dikarenakan kontaminasi bakteri di dalam daging bisa beresiko menyebabkan keguguran. Daging setengah matang bisa ditemukan pada makanan jepang (sushi), ayam bakar, sate, dan lainnya.

4. Daun Sirih

Daun sirih memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan, bahkan kandungan di dalam daun sirih juga membantu untuk mengobati penyakit. Namun siapa sangka jika daun sirih ini juga dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Untuk menyiapkan ramuan ini, anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini:

  • Siapkan bahan yang dibutuhkan yaitu 3 lmbr daun sirih, 1 ruas kencur, 2 lmbr daun kunci, 1 sdm kapur sirih, dan 1 ruas kunyit
  • Rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih
  • Setelah itu saring air rebusan dan minum secara teratur

5. Ragi

Di dalam ragi terdapat kandungan alcohol yang mana bisa mencegah kehamilan. sehingga bagi anda yang belum menginginkan momongan, ragi ini bisa dijadikan solusi. Untuk membuat ramuan ini, anda bisa menyiapkan ¼ ragi tape, 1 sdtmerica halus, dan3 tetes air cuka. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam 1 gelas air panas. Aduk merata dan tunggu hingga dingin. Lalu konsumsi secara teratur setiap harinya.

6. Keju

Siapa sangka jika keju juga menjadi makanan yang dapat mencegah kehamilan. Namun tidak semua jenis keju bisa mencegah kehamilan. Keju yang dapat digunakan sebagai pencegah kehamilan merupakan jenis keju bentuk lunak. Hal ini karena adanya bakteri Listeria di dalam keju tersebut yang dapat menganggu proses kehamilan.

7. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang baik bagi ibu yang sedang hamil. Bahkan kandungan protein di dalamnya juga bermanfaatkan untuk menguatkan kandungan. Namun jika anda mengkonsumsi dalam bentuk mentah, maka bisa menjadi makanan yang dapat mencegah kehamilan. Bahkan ibu yang sedang hamil pun sangat dilarang untuk mengkonsumsi telur mentah. Kandungan bakteri salmonella di dalamnya sangat tidak baik untuk janin di dalam kandungan.

8. Buah Peach

Buah peach juga diyakini bisa membantu untuk mencegah kehamilan. Bahkan kandungan buah persik dan peach di dalamnya bisa memicu pendarahan bagi ibu yang sedang hamil sekalipun.

9. Pare

Buah yang memiliki rasa pahit ini juga dapat digunakan sebagai makanan yang dapat mencegah kehamilan. kandungan nutrisi yang ada di dalamnya memang baik untuk tubuh. Bahkan mengkonsumsi pare juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit. Namun terdapat beberapa senyawa di dalam pare yang dapat memicu terjadinya kontraksi pada janin di dalam kandungan jika dikonsumsi. Sehingga bagi wanita ingin menunda memiliki momongan, maka pare bisa menjadi solusi alternative.

10. Kelengkeng

Buah yang biasanya muncul di kala musim panas ini juga dapat dikonsumsi bagi anda yang menunda kehamilan. kandungan senyawa yang ada di dalam buah kelengkeng ini berpotensi bisa menyebabkan panas dalam yang tidak stabil. Kondisi seperti ini yang kemudian bisa mengancam kondisi janin ketika di dalam kandungan.

11. Apel Liar

Apel liar dapat anda manfaatkan pula sebagai makanan yang dapat mencegah kehamilan. rasanya memang sedikit asam, manis, dan pahit. Banyak sekali wanita yang hamil mengkonsumsi buah ini agar dapat meredakan morning sickness. Namun sebenarnya apel liar ini tak baik untuk dikonsumsi, apalagi berlebihan. Kandungan di dalam apel liar bisa menyebabkan keguguran.

12. Seafood

Sama halnya dengan daging mentah, seafood juga dapat dijadikan sebagai makanan yang dapat mencegah kehamilan. Seafood yang diolah dengan diasapi memiliki kandungan bakteri listeria yang mana tidak bersahabat dengan kehamilan.

13. Kerang

Jika kerang diolah dengan baik dan hingga matang, maka tidak akan menimbulkan permasalahan. Namun jika anda memakannya dengan kondisi mentah, maka makanan ini bisa mencegah kehamilan.

14. Kepiting

Nutrisi di dalamnya memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun kolestrol yang ada di dalam kepiting memiliki kadar yang tidak sedikit juga. Kandungan kolestrol ini yang kemudian dapat menghambat pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Nah itu tadi beberapa makanan pencegah kehamilan. Makanan-makanan diatas tentu saja bisa dikonsumsi rutin bagi wanita yang belum ingin mendapatkan kehamilan. Namun makanan pencegah kehamilan ini pastinya harus dihindari bagi wanita yang sedang menjalani program kehamilan. Namun bukan berarti anda harus mengkonsumsi makanan-makanan diatas secara berlebihan.

Selain cara-cara diatas, ada cara lainnya yang cukup ampuh digunakan untuk dapat mencegah kehamilan. seperti penggunaan alat kontrasepsi yang disesuaikan dengan kebutuhan anda serta pasangan. Anda bsia mencoba berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pilihan kontrasepsi yang tepat. Nah itu tadi beberapa informasi mengenai makanan pencegah kehamilan yang bisa anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

  • apakah buah kelengkeng biasa mencegah kehamilan
  • makanan yg bs mencegah kehamilan
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.