Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

12 Cara Meredakan Nyeri Haid Dengan Cepat Tanpa Obat


Setiap wanita pastinya mengalami haid atau menstruasi yang datang setiap bulan. Beberapa mungkin tidak merasakan nyeri, namun banyak pula wanita yang sering mengalami nyeri selama masa haid nya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan wanita dapat merasakan nyeri selama haid atau tidak.

Cara Meredakan Nyeri Haid Dengan Trik Alami

Biasanya nyeri haid ini bisa ditangani dengan sendirinya tanpa perlu berkunjung ke dokter. Anda bisa menggunakan cara meredakan nyeri haid alami di bawah ini untuk meredakan nyeri haid.

1. Mengkompres

Anda bisa menggunakan kompres untuk meredakan nyeri haid. Anda bisa mencoba mengkompres dengan air hangat pada bagian perut bawah. Rasa hangat ini bisa membantu meredakan sakit. Anda bisa menggunakan kantong karet lalu diisi dengan air hangat. Jika tidak memiliki kantong karet, anda bisa menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air hangat terlebih dahulu. Setelah itu kompres pada bagian perut bawah sambil melakukan pemijatan. Hal ini akan membuat otot tubuh menjadi rileks karena adanya peningkatan suhu di area tertentu yang membantu proses vasolidatasi sehingga membuat aliran darah lancar.

Selain menggunakan air hangat, anda juga bisa menggunakan air dingin sebagai kompres. Masukkan air dingin yang berisikan es ke dalam kantong kompres. Atau anda bisa menggunakan cold pack yang dijual di pasaran. Kompres air dingin dapat membantu pengontrolan pendarahan serta pembengkakan yang dikarenakan trauma. Selain itu kompres air dingin juga dapat mengurangi rasa nyeri yang disebabkan haid.

2. Minum Teh Chamomile Hangat

Saat merasakan nyeri haid, anda bisa mencoba mengkonsumsi teh chamomile yang hangat. Teh beraroma bunga ini ampuh meredakan nyeri. Hal ini dirilis dalam Journal of Agriculture and Chemistry yang menjelaskan jika kandungan dalam teh chamomile bisa mengurangi rasa sakit. Menurut penelitian, teh chamomile dapat menaikkan level hippurate, yang merupakan senyawa yang berperan sebagai zat anti inflamasi. Zat anti inflamasi ini lah yang dapat mengurangi rasa nyeri haid dan mengurangi produksi prostaglandin.

3. Mandi Air Hangat

Taka da salahnya untuk mencoba mandi air hangat saat anda merasakan nyeri selama haid. Mandi air hangat ini bisa dijadikan sebagai relaksasi. Berendam air hangat bisa anda lakukan saat nyeri menyerang. Namun bagi pemilik kulit kering, perhatikan durasi lamanya untuk mandi agar tidak mengurangi kelembaban kulit.

4. Minum Jamu

Banyak wanita yang mencoba mengkonsumsi jamu selama menstruasi untuk meredakan nyeri. Saat ini banyak sekali jamu-jamu yang dijual di pasaran dengan tujuan mengatasi nyeri. Bahkan tak perlu membeli, anda bisa meracik sendiri jamu tersebut.

  • Siapkan bahan-bahan herbal yang dibutuhkan, yaitu 20 grm kunyit, 30 grm daun dewa, dan 600 cc air putih.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut dan rebus hingga tersisa setengahnya saja
  • Setelah itu saring dan konsumsi 2 kali sehari

5. Cobalah Berbaring

Saat meredakan nyeri, cobalah untuk berbaring sejenak di tempat yang anda rasa nyaman. Berbaring tak hanya dapat mengurangi nyeri di perut, namun juga dapat mengatasi nyeri di bagian punggung. Untuk membuat semakin nyaman, anda bisa menggunakan bantal sebagai penyangga lutut. Setelah itu tarik napas yang panjang dan kemudian buang perlahan sehingga tubuh bisa terasa rileks.

6. Olahraga Ringan

Meskipun sedang haid, bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga. Terkadang kurang melakukan olahraga bisa menjadi faktor yang menyebabkan nyeri haid. Untuk meredakan nyeri, maka anda bisa melakukan olahraga-olahraga ringan semisal jogging. Dengan melakukan olahraga, maka denyut jantung akan meningkat dan membuat aliran darah lebih lancar. Hal ini yang kemudian memberikan kenyamanan pada bagian perut. Tak hanya jogging, anda bisa mencoba melakukan yoga sehingga tubuh merasa lebih rileks dan segar.

7. Konsumsi Makanan-Makanan Pereda Nyeri Haid

Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan-makanan yang meredakan nyeri haid, berikut ini beberapa daftar makanan yang dapat mengatasi nyeri haid.

  • Nanas, kandungan bromelain di dalamnya ampuh untuk mengatasi nyeri perut saat haid. Hal ini karena bromelain bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot pada rahim yang mengalami kram sehingga nyeri bisa berangsur menghilang.
  • Brokoli, kandungan vitamin A, B6, C, potassium, magnesium, dan serta dapat secara efektif membantu meredakan nyeri yang diakibatkan oleh haid.
  • Pisang, untuk membuat haid terasa nyaman cobalah untuk mengkonsumsi pisang. Kandungan potassium dalam pisang membantu menurunkan hormone estrogen yang dapat menyebabkan rasa nyeri mereda. Selain itu kandungan melatoninnya juga membantu agar tubuh bisa cepat tidur.
  • Coklat Hitam, memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan membantu untuk meningkatkan hormone serotonin yang dapat menyebabkan suasana hati semakin membaik saat haid. Selain itu mengkonsumsi coklat hitam juga akan membantuk mengurangi ketidaknyamanan selama masa haid.

8. Menghindari Makanan-Makanan Yang Dapat Memperparah Nyeri Haid

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang malah akan memperparah kondisi nyeri haid yang anda alami. Mulai dari makanan berlemak, soda, alcohol, dan lainnya adalah jenis makanan dan minuman yang harus anda hindari. Selain itu hindari pula mengkonsumsi kafein yang malah akan memperparah kondisi kram yang anda rasakan.

9. Lakukan Pemijatan

Cara lainnya untuk meredakan nyeri selama masa haid dapat dilakukan dengan melakukan pemijatan ringan di bagian perut bawah. Lakukan pemijatan dengan melakukan gerakan memutar dengan ujung jari. Anda bisa menggunakan minyak bayi atau krim yang dapat membantu pemijatan. Lakukan dengan tenaga secukupnya jangan terlalu kuat. Fungsi dari minyak bayi ini digunakan sebagai aroma therapy yang dapat membuat efek relaksasi.

10. Konsumsi Makanan Yang Kaya Kandungan Zat Besi

Selama masa menstruasi, cobalah untuk mencukup kebutuhan zat besi anda. banyak wanita yang rentang mengalami anemia saat sedang menstruasi. Untuk itulah pentingnya mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi sehingga dapat menggantikan sel-sel darah merah yang keluar saat menstruasi. Dengan begitu kondisi tubuh tetap terjaga baik meskipun melakukan aktivitas penuh seharian.

11. Pastikan Asupan Vitamin D Cukup

Selain zat besi, pastikan jika kebutuhan vitamin D anda tercukupi setiap harinya. Menurut studi yang pernah dilakukan menunjukkan jika ada pengaruh dari mengkonsumsi vitamin D dengan rasa sakit yang dialami saat haid. Vitamin D3 mampu membantu menghambat kerja dari prostaglandin yang dapat mengurangi rasa sakit. Hal ini karena vitamin tersebut memiliki peran sebagai anti inflamasi.

12. Hindari Menggunakan Pakaian Ketat

Ketika sedang menstruasi, tentunya tubuh membutuhkan ruang gerak lebih banyak sehingga membuat tubuh terasa lebih rileks. Untuk itu hindari menggunakan pakaian ketat saat anda sedang haid. Pemakaian baju yang terlalu ketat dapat menyebabkan ruang gerak terasa sempit serta menekan tubuh yang menyebabkan terganggunya aliran darah. Sehingga akanlebih baik untuk menggunakan pakaian yang sedikit longgar dan nyaman untuk dikenakan sehari-harinya selama masa haid.

Nah itu tadi beberapa cara meredakan haid yang dapat dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan. Namun jika rasa nyeri haid yang dirasakan cukup parah dan terus menerus, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab yang pasti. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.