Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

10 Cara Merawat Bayi Baru Lahir Yang Tepat Dan Mudah Untuk Bunda

Kelahiran sang buah hati merupakan satu moment yang paling ditunggu-tunggu untuk setiap orang tua. Melihat buah hati lahir dalam keadaan sehat merupakan satu hal yang sangat membahagiakan. Sebelum melahirkan ibu akan mempersiapkan berbagai keperluan dan melakukan persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati yang telah dinantikan. Hal yang harus dipersiapkan bukan hanya berbagai keperluan akan tetapi keadaan mental pun harus disiapkan pasalnya ketika anak telah lahir maka akan muncul peran baru yaitu sebagai orang tua yang mempunyai kewajiban dalam merawat bayi.

Tak sedikit orang tua mengalami kelelahan dan kebingungan dalam merawat bayi yang baru saja lahir dikarenakan minimnya pengetahuan mengenai cara merawat bayi yang benar. Terlebih bila bayi tersebut merupakan anak pertama maka orang tua akan merasa khawatir karena tidak tahu bagaimana cara merawat bayi yang benar.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Baik

Merawat bayi yang tepat merupakan salah satu cara agar buah hati tumbuh menjadi sehat dan pintar. Oleh karena itu sebagai orang tua haruslah mengetahui cara merawat bayi baru lahir yang tepat. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat buah hati yang baru lahir, simak penjelasannya dibawah ini!

1. Merawat Tali Pusat

Tali pusat merupakan salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan karena pada awal kelahiran tali pusat bayi belum terlepas. Tali pusat bayi baru terlepas ketika bayi telah berusia sekitar kurang lebih 2 minggu. Dalam merawat tali pusat haruslah sangat berhati-hati karena tali pusat sangat rentang terkena infeksi. Jika saat memandikan tali pusat terkena air maka keringkanlah menggunakan kasa steril ataupun cotton buds. Jangan menggunakan berbagai ramuan atau obat tradisional lainnya pada pangkal tali pusat. Jika tali pusat bayo telah terputus maka bersihkan menggunakan baby oil dan tetap berhati-hati pada saat membersihkannya.

2. Merawat Kulit Kepala

Pada saat bayi lahir sering kali muncul cradle crap pada kulit kepalanya, jika terjadi hal seperti itu maka Anda tak perlu khawatir karena cradle crap pada bayi baru lahir merupakan hal yang sudah biasa. Cara merawatnya yaitu gunakan baby oil pada bagian cradle crap tersebut olesi hingga merata dan tunggu sekitar 15 menit kemudian bersihkan dengan cara lap menggunakan kapas ataupun waslap hingga bersih. Pastikan untuk melakukannya dengan lembut dan berhati-hati.

3. Merawat kulit (cara memandikannya)

Salah satu hal tersulit dalam merawat bayi baru lahir yaitu pada saat memandikannya hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih sangat sensitive. Mandikan bayi minimal sehari sekali dan gunakan air hangat karena bayi baru lahir belum tahan terhadap air dingin. Cara memandikannya yaitu me-lap menggunakan waslap yang telah diberi sabun. Pilihlah produk sabun yang mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kulit bayi. Setelah selesai mandi gunakan baby oil untuk menjaga kelembaban kulit bayi dan juga gunakan bedak yang mengandung pro vitamin hal ini bertujuan untuk melindungi bayi agar tidak terkena biang keringat.

4. Merawat bokong bayi

Bokong merupakan salah satu bagian yang sangat sensitive dan mudah lecet. Salah satu hal yang menyebabkan lecet pada bokong bayi yaitu penggunaan popok yang telah terkena air kencing. Ketika orang tua telat mengganti popok sering kali terjadi lecet pada sekitar bokong dan juga terasa gatal. Untuk menghindari hal tersebut maka gunakan diaper cream sebelum bayi akan menggunakan popok. Sedangkan jika bayi terlanjur mengalami iritasi pada bagian bokong maka ketika akan berjemur biarkan bagian yang terkena iritasi terkena cahaya matahari.

5. Merawat rambut

Pada umumnya saat bayi lahir maka rambut yang tumbuh belum terlalu banyak untuk membantu pertumbuhan rambut maka lakukan berbagai perawatan salah satunya yaitu menggunakan daun seledri. Selain itu pilih shampoo yang mempunyai nutrisi baik untuk rambut. Cucilah rambut bayi minimal 2 kali dalam satu minggu.

6. Merawat kebersihan kuku

Untuk menyentuh berbagai hal yang ada disekitarnya bayi akan menggunakan tangannya. Kuku yang panjang dapat menyebabkan luka pada bayi karena bayi sering kali asyik sendiri memainkan tangannya dan menggerakan pada wajahnya. Oleh karena itu Ibu harus rajin merawat kuku bayi dan rutin memotongnya. Kuku pada bayi sangatlah kecil oleh karena itu pada saat akan memotongnya gunakan gunting kuku khusus bayi dan lakukan dengan berhati-hati.

7. Merawat kebersihan mulut

Dalam melakukan perawatan kebersihan mulut tidak ada cara khusus yang harus dilakukan. Akan tetapi jika Anda melihat terdapat bintik putih pada lidah maka hal tersebut dapat disebabkan karena endapan dari susu formula. Untuk membersihkannya Anda dapat menggunakan kasa steril lalu bersihkan perlahan. Pastikan untuk memerika mulut bayi karena bayi sangat rawan terinfeksi jamur candida.

8. Menjaga kebersihan telinga

Banyak sekali orang tua tidak tahu mengenai cara menjaga kebersihan teling bayi. Jika pada telinga bayi terlihat kotoran telinga maka bersihkan menggunakan baby oil caranya yaitu teteskan sedikit baby oil pada telingan maka kotoran pun akan keluar dengan sendirinya. Sedangkan untuk menjaga kebersihan daun teling bayi yaitu dengan membersihkannya pada saat bayi akan mandi menggunakan kapas yang dibasahi air.

9. Memberikan ASI yang cukup

Sistem pencernaan pada bayi yang baru lahir belum lah bekerja dengan benar sehingga tak heran jika bayi yang baru lahir hanya boleh diberi air susu ibu (ASI). Biasanya pada saat bayi merasa lapar maka ia akan menangis hal ini karena bayi baru lahir hanya bisa menangis . Kandungan nutrisi pada ASI sangat dipengaruhi oleh apa yang Ibu konsumsi sehingga ketika akan menyusui maka pola makan pun haruslah diatur.

10. Pilihlah pakaian yang tepat untuk bayi

Selain merawat berbagai bagian pada tubuh, memilih pakaian yang tepat pun salah satu hal yang sangat penting. Pakaian bayi haruslah disesuaikan dengan keadaan lingkungan, pilihlah pakaian yang tidak membuat bayi merasa kepanasan ataupun kedinginan. Pilihlah pakaian yang mempunyai bahan yang berkualitas yaitu bahan pakaian yang dapat mudah menyerah keringat. Selain pakaian pilihlah berbagai produk perlengkapan mandi yang tepat jangan sampai menimbulkan alergi pada buah hati.

Meskipun baru lahir bayi mempunyai perasaan yang sangat kuat sehingga seringkali mereka menangis pada saat merasa tidak nyaman terhadap lingkungannya. Beberapa hal yang dapat menyebabkan bayi menangis yaitu pada saat memandikannya, mengganti baju, dan berbagai kegiatan lainnya. Untuk itu lakukan berbagai hal dengan teliti dan biasakan untuk mengajak mengobrol dan membuat nyaman bayi. Selain itu beberapa faktor yang mengganggu kenyamanan bayi diantaranya yaitu keramaian, pencahayaan yang kurang tepat, terdapat banyak nyamuk sehingga mengganggu wakti tidur bayi dan ramainya orang yang ada disekitar bayi. Sekian pembahasan mengenai cara merawat bayi baru lahir yang benar, hal terpenting dalam kesuksesan merawat bayi baru lahir yaitu ketenangann dan mengatur tekanan emosi. Semoga artikel ini bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.