Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

11 Cara Menyembuhkan Cacar Air Tanpa Obat Agar Cepat Kering


Cacar air merupakan salah satu penyakit yang menular. Penyakit ini disebabkan karena infeksi virus varicella zoster. Kebanyakan cacar air menyerang anak-anak, namun tak menutup kemungkinan juga bila orang dewasa bisa terkena penyakit cacar air. Gejala –gejala yang timbul akibat cacar air dapat terlihat dari muncunya ruam kulit yang kemudian berubah menjadi bintik-bintik merah yang berisikan cairan bening yang dapat menyebabkan gatal.

Cara Menyembuhkan Cacar Air Alami

Cacar air memang bisa sembuh dengan sendirinya, namun terkadang banyak orang yang tidak tahan dengan rasa gatal yang disebabkannya sehingga mencari cara agar menyembuhkan cacar air. Nah berikut ini beberapa cara menyembuhkan cacar air yang mudah dan cepat dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1. Cuka Apel

Cuka apel dapat menjadi salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati cacar air. Kandungan di dalam cacar air bisa membantu mengatasi gatal akibat ruam atau bintil cacar air. Untuk caranya penggunaannya pun juga cukup mudah, anda bisa menggunakan 1 sdm cuka apel dan 1 cangkir air. Campurkan merata dan oleskan ke kulit yang mengalami cacar air.

Kandungan asam yang ada di dalam cuka apel dapat mempercepat proses pengeringan cacar air. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam penggunaan cacar air, jangan menggunakan larutan cuka apel tersebut pada bagian cacar air yang terbuka.

2. Madu

Madu memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit serta menjaga daya tahan tubuh. Anda juga bisa memanfaatkan madu ini untuk digunakan sebagai obat cacar air. Kandungan di dalam madu mampu membantu menjaga imunitas tubuh sehingga kondisi cacar air bisa segera membaik.

Selain itu untuk cepat mengeringkan bintil cacar air, anda bisa mencoba mengoleskan madu merata ke bagian kulit yang terkena cacar air. Nantinya madu akan emmbantu menenangkan kulit dan meredakan rasa gatal akibat cacar air.

3. Larutan Oatmeal

Bagi anda yang sedang terkena cacar air, maka akan sangat baik untuk mencoba menggunakan larutan oatmeal sebagai obat mengatasi cacar air. Berendam di dalam larutan oatmeal sudah terbukti ampuh untuk mengatasi rasa gatal yang diakibatkan cacar air. Bahkan cara ini memang sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk meredakan rasa gatal. Selain itu kandungan saponin di dalam oatmeal berkhasiat untuk bahan pembersih alami yang dapat digunakan untuk segala jenis kulit.

Hancurkan 1 gelas oatmeal hingga menjadi bubuk. Setelah itu bungkus oatmeal dengan menggunakan kain. Letakkan oatmeal yang sudah dibungkus tersebut ke dalam bak mandi. Biarkan selama 20 menit hingga lebih sampai air nya berubah menjadi putih susu. Setelah itu gunakan air tersebut untuk berendam. Cara ini akan sangat efektif digunakan untuk mengatasi cacar air asalkan dilakukan secara rutin.

4. Kacang Hijau

Kacang hijau juga dapat anda manfaatkan untuk mengeringkan cacar air hingga sembuh. Hal ini karena kacang hijau mengandung gizi yang sangat baik bagi penyembuhan cacar air. Selain itu kacnag hijau juga dapat membantu menghilangkan bekas cacar air hingga bersih. Cara penggunaannya pun sangat mudah, anda bisa merendam kacang hijau hingga membengkak dan kemudian tumbuk hingga halus.

Setelah itu oleskan merata di seluruh badan dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Lakukan cara ini 2 kali setiap hari sebelum akan mandi sehingga hasilnya lebih memuaskan.

5. Jagung Muda

Jagung memang sudah dipercaya untuk menjaga kulit agar tetap awet muda karena kandungan amilum yang tinggi. Pati jagung pun sangat ampuh digunakan untuk menenangkan ruam dan iritasi pada kulit, termasuk cacar air. Untuk penggunannya pun juga sangat mudah, anda bisa memarut jagung muda hingga halus. Setelah itu balurkan ke seluruh tubuh dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Pati jagung ini juga dpaat anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar air.

6. Kunyit

Kunyit memang dikenal manfaatnya yang sangat baik bagi kulit, namun khasiat yang terkandung di dalamnya juga efektif mengatasi cacar air. Kunyit dipercaya mampu meredakan gatal-gatal akibat cacar air serta mengatasi bekasnya. Untuk penggunaan kunyit ini, anda bisa menumbuk kunyit hingga halus dan kemudian oleskan merata pada kulit yang terkena cacar air secara merata. Biarkan selama 10 menit dan setelah itu cuci bersih.

7. Air Kelapa Muda

Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi air kelapa muda untuk mengatasi cacar air dari dalam. Sebab kandungan di dalam air kelapa efektif untuk menghilangkan ras agerah dan panas yang disebabkan oleh cacar air. Dan tak hanya itu saja, air kelapa juga dapat disiramkan ke bagian kulit yang terkena cacar air agar bisa cepat sembuh dan kering.

8. Baking Soda

Tak hanya dapat digunakan untuk bahan pembuat kue saja, namun baking soda juga efektif dijadikan sebagai obat mengatasi cacar air. Kandungan di dalam baking soda dapat meringankan gatal-gatal yang disebabkan cacar air. Anda bisa mencampurkan baking soda dan sedikit air kemudian aduk hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan merata di area kulit yang terkena cacar air dan biarkan mengering. Atau anda bisa mencoba mandi dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda.

9. Calamine Lotion

Untuk meredakan gatal yang diakibatkan cacar air, anda bisa mencoba menggunakan calamine lotion. Anda bisa membeli calamine lotion di apotek terdekat. Kandungan di dalamnya efektif untuk mengatasi rasa gatal cacar air. Namun saja sayangnya, efek dingin tersebut akan lambat laun menghilang. Sehingga anda perlu mengoleskannya ke kulit beberapa jam sekali.

10. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C nya yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin C ini membantu meningkatkan sistem imun sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan cacar air. Selain itu vitamin C nya ini juga bekerja melawan virus yang dapat menyebabkan cacar air. Untuk menjadikannya sebagai obat herbal cacar air, anda bisa menggunakan air jeruk nipis yang ditambahkan air hangat dan konsumsi ramuan ini rutin hingga cacar air sembuh.

11. Temulawak

Bahan herbal alami lainnya yang efektif digunakan untuk mengobati cacar air adalah temulawak. Kandungan di dalamnya efektif untuk mengatasi cacar air dari dalam. Anda bisa mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari temulawak, asam jawa, serta air yang direbus hingga mendidih. Setelah itu konsumsi ramuan ini rutin 2 kali sehari untuk membantu penyembuhan.

Saat proses penyembuhan berlangsung, usahakan untuk tidak menggaruk kulit yang terkena cacar air. Jika anda mengagruk terus menerus, bukannya sembuh namun akan membuat cacar air bisa menyebar ke area kulit lainnya. Meskipun terkena cacar air, namun usahakan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi. Penderita cacar air diwajibkan untuk selalu mengganti pakaian setiap harinya agar kuman tidak memperparah kondisi cacar.

Meskipun dibutuhkan banyak kesabaran untuk mengatasi cacar air namun hal tersebut bisa hilang dengan sendirinya asal dilakukan pengobatan secara rutin. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

  • apakah cuka apel bisa menyembuhkan cacar air
  • bahan alami untuk mengobati cacar air
  • obatin cacar dengan cuka apel
  • apakah cacar air bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat
  • apakah cuka apel bisa mengeringlan bekas cacar air
  • bubuk kunyit dan madu untuk cacar air
  • cacar obat degan madu
  • Cara alami mengobati gatal cacar kering
  • cara menghilangkan rasa gatal akibat cacar air
  • cara menyembuhkan cacar air
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.