Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

10 Cara Menurunkan Asam Urat Dengan Cepat Menggunakan Bahan Tradisional

Tingginya kadar asam urat dalam darah, disebut sebagai hyperuricemia, dapat dihasilkan dari peningkatan produksi asam urat dalam tubuh atau penurunan ekskresi melalui ginjal.Hal ini selanjutnya dapat menyebabkan masalah seperti arthritis gout (deposit kristal asam urat pada sendi, biasanya di jempol kaki), batu ginjal dan penyakit gagal ginjal. Studi terbaru juga mengaitkan kadar asam urat darah tinggi dengan hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Adapun tingkat asam urat normal adalah:

  • Pria: 3,4-7,0mg / dL
  • Perempuan: 2,4–6,0 mg / dL

Nilai dapat bervariasi di berbagai laboratorium.

Faktor-faktor yang dapat memicu asam urat tinggi diantaranya diet tinggi purin (purin dipecah menjadi asam urat), konsumsi alkohol berlebih, insufisiensi ginjal, obesitas, tiroid yang kurang aktif, genetika, endokrin atau kondisi metabolik seperti diabetes atau asidosis, dan penyakit tertentu lainnya. Beberapa jenis penyakit kanker, agen kemoterapi dan obat-obatan lain seperti diuretik, juga dapat berkontribusi pada naiknya asam urat di tubuh.

Cara Menurunkan Asam Urat Dengan Bahan Alami

Memilih pengobatan yang tepat tentu tidak boleh sembarangan. Anda sebelumnya harus berkonsultasi pada dokter jika dibarengi penggunaan obat alternative. Berikut beberapa cara menurunkan asam urat secara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Simak penjelasannya berikut.

1. Cuka sari apel

Bahan satu ini menjadi pembersih alami dan bersifat detoxifier (penghilang racun), cuka sari apel dapat membantu membuang kotoran seperti asam urat dari tubuh. Bahan Ini mengandung asam malat yang membantu memecah dan menghilangkan asam urat. Cuka sari apel juga membantu mengembalikan keseimbangan asam alkalin dalam tubuh dan memberikan manfaat anti-inflamasi dan antioksidan.

Cara menurunkan asam urat menggunakan bahan ini adalah sebagai berikut ; tambahkan satu sendok teh cuka sari apel mentah, organik, yang tidak dipasteurisasi ke segelas air kemudian minum larutan ini dua atau tiga kali sehari. Kadar cuka sari apel dapat secara bertahap ditingkatkan hingga dua sendok makan per gelas air dan melanjutkan obat ini sampai kadar asam urat turun.

Catatan: Jangan mengkonsumsi cuka sari apel berlebihan karena dapat menurunkan kadar potasium dalam tubuh. Juga, dapat mengganggu obat diuretik.

2. Jus Lemon

Mendengar jus lemon tentunya sebagian orang berpikiran bahwa akan membuat tubuh lebih asam namun pada kenyataannya, jus lemon ini menghasilkan efek alkali dan membantu menetralisir asam uratdan juga kandungan vitamin C-nya membantu menurunkan kadar asam urat.Peras sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum di pagi hari dengan perut kosong. Lanjutkan setidaknya selama beberapa minggu.

3. Ceri

Ceri dan buah beri gelap mengandung bahan kimia yang membantu mengurangi kadar asam urat dan berry berwarna ungu dan biru mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin yang membantu menurunkan asam urat dan mengurangi peradangan dan kekakuan.Makan satu setengah cangkir ceri setiap hari selama beberapa minggu. Anda juga bisa minum satu atau dua cangkir jus ceri tart selama sekitar empat minggu. Juga, tambahkan blueberry, stroberi, tomat, paprika, dan vitamin C lainnya serta buah dan sayuran yang kaya antioksidan untuk diet.

4. Baking Soda

Soda kue, juga disebut soda bikarbonat, sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengurangi sakit asam urat. Ini membantu menjaga keseimbangan alkalin alami dalam tubuh dan membuat asam urat lebih mudah larut dan lebih mudah untuk keluar dari ginjal.Campurkan satu setengah sendok teh soda kue dalam segelas air. Minum hingga empat gelas sehari selama dua minggu, bisa diminum setiap dua sampai empat jam.

Catatan: Jangan menggunakan obat ini secara teratur. Tidak diperkenankan pada penderita tekanan darah tinggi. Orang yang berusia 60 atau lebih tua tidak boleh minum lebih dari tiga gelas larutan soda kue ini setiap hari.

5. Minyak Zaitun

Sebagian besar minyak nabati berubah menjadi lemak tengik ketika dipanaskan atau diproses. Lemak tengik menghancurkan vitamin E vital dalam tubuh, yang penting untuk mengontrol kadar asam urat.Pilihlah minyak zaitun yang diperas dingin daripada menggunakan minyak sayur atau mentega dalam memasak dan membuat kue. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tetap stabil saat dipanaskan dan kayaakan vitamin E dan antioksidan dan memiliki manfaat anti-inflamasi.

6. Air Putih

Minum banyak air membantu mengoptimalkan penyaringan asam urat dan juga membantu mencairkan asam urat dan menstimulasi ginjal untuk menghilangkan kelebihan jumlah asam urat dari tubuh melalui urin dan minum air yang cukup secara teratur dapat mengurangi risiko serangan asam urat berulang.

Dalam sebuah studi berbasis internet yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan 2009 American College of Rheumatology, para peneliti menemukan bahwa peserta yang minum lima hingga delapan gelas air dalam periode 24 jam sebelum kemungkinan serangan asam urat memiliki 40 persen penurunan risiko sebuah serangan dibandingkan dengan mereka yang hanya minum satu gelas air atau kurang.

Minum setidaknya delapan hingga 10 gelas air sepanjang hari, sertakan lebih banyak cairan dan buah-buahan segar dan kaya air dalam program diet yang dilakukan.

7. Diet Rendah Purin

Purin adalah senyawa yang mengandung nitrogen yang terurai menjadi asam urat, sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Purin kebanyakan ditemukan dalam protein hewani. Hindari protein hewani seperti daging, daging organ, ikan, dan unggas. Legum, ragi, jamur, asparagus, dan kacang-kacangan juga tinggi purin. Bir, juga kaya akan purin.

8. Makanan Serat Tinggi dan Karbohidrat Tepung

Makanan tinggi serat makanan membantu menurunkan kadar asam urat dengan menyerapnya dan kemudian menghilangkannya dari tubuh. juga bisa makan makanan dengan karbohidrat tepung karena mengandung purin dalam jumlah yang sedikit.

Biji-bijian utuh, apel, pir, jeruk, dan stroberi adalah beberapa contoh makanan berserat tinggi yang dapat dimasukkan ke dalam program diet. Karbohidrat pati adalah makanan seperti nasi, pasta gandum utuh, tapioka (juga disebut sabudana), quinoa, kentang, gandum, dan pisang. Minum teh hijau pepaya untuk mencegah penumpukan asam urat dan mengobati asam urat dan masalah yang berhubungan dengan asam urat. Papain dalam pepaya hijau membantu tubuh mempertahankan keadaan basa dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi.

9. Produk Susu

Susu rendah lemak dan produk susu telah dikaitkan dengan konsentrasi urat plasma yang lebih rendah dan mengurangi risiko encok. Susu skim, misalnya, mengandung asam orotic yang menurunkan penyerapan kembali asam urat dan mendorong pengeluarannya melalui ginjal.Minum satu hingga lima cangkir susu skim setiap hari. Bisa juga memasukkan yogurt rendah lemak dan produk susu lainnya dalam program diet. Tahu juga dapat membantu mengubah konsentrasi protein plasma dan meningkatkan pembersihan asam urat.

10. Jus Wheatgrass

Wheatgrass membantu mengembalikan alkalinitas dalam darah. Wheatgras kaya vitamin C, klorofil dan fitokimia yang menghasilkan detoksifikasi. Bahan ini juga merupakan sumber protein dan asam amino yang baik sebagai alternatif untuk makan protein hewani.Cukup minum satu ons (dua sendok makan) jus wheatgrass dicampur dengan perasan jus lemon setiap hari sampai kadar asam urat Anda turun.

Selain 10 bahan alami diatas, bisa dibarengi dengan beberapa aktifitas berikut ini.

  • Batasi asupan alkohol Anda karena mengganggu penurunan asam urat.
  • Hindari sirup jagung fruktosa tinggi atau sirup glukosa-fruktosa karena akan cenderung meningkatkan kadar asam urat.
  • Olahraga secara teratur dan pertahankan berat badan yang sehat.
  • Makan diet seimbang yang tinggi karbohidrat kompleks dan rendah protein. Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan permen.
  • Kurangi makanan yang kaya lemak karena akan menurunkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan asam urat.

Demikian beberapa cara menurunkan asam urat yang bisa Anda terapkan di rumah. Yang paling penting adalah hidup sehat, tanpa stress dan dibarengi dengan olahraga. Semoga berhasil.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.