Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

12 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Paling Ampuh Dan Alami

Tak dapat dipungkiri, populasi tikus di Indonesia memang cukup tinggi. Jika biasanya tikus banyak bertempat tinggal di area-area yang kotor seperti got, pipa, plafon rumah, sawah, pekarangan, dan lainnya. namun tak jarang, tikus juga dapat bersarang di dalam rumah anda dan kemudian menimbulkan beragam masalah seperti menimbulkan penyakit-penyakit membahayakan.

Cara Mengusir Tikus Secara Ampuh

Itulah pentingnya menjaga kebersihan rumah sehingga tikus tidak dapat menempati rumah anda. Namun bagaimana jika kondisi rumah sudah menjadi sarang tikus? Anda bisa menggunakan cara mengusir tikus secara alami di bawah ini, sehingga tikus tidak segera berkembang biak di rumah anda.

1. Memelihara Jangkrik

Jika memang rumah anda menjadi sarang tikus, maka cobalah untuk memelihara jangkrik sebagai solusi alternative untuk mengusir tikus. Meskipun jangkrik berukuran lebih kecil namun bukan berarti tidak mampu untuk mengatasi tikus. Mengapa? Hal ini dikarenakan suara jangkrik yang sangat nyaring inilah yang dapat membuat tikus-tikus menjadi terganggu. Anda bisa menaruh jangkrik di sekitar dapur, kolong meja, pipa, gudang, dan tempat lainnya yang menjadi persembunyian tikus.

2. Memelihara Kucing

Siapa yang tidak mengetahui fakta jika kucing menjadi musuh utama tikus. Anda bisa mencoba memelihara kucing untuk mengatasi tikus-tikus di rumah. Namun tentu saja kebanyakan kucing rumah memang tidak terlalu menyukai tikus sebagai makanannya. Kebanyakan kucing-kucing liar lah yang menyukai tikus tersebut. Akan tetapi perlu diperhatikan juga dalam memelihara kucing liar agar jangan sampai membahayakan anda.

3. Menggunakan Kapur Barus

Biasanya kapur barus digunakan untuk pewangi ruangan,namun anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus. Kandungan zat-zat di dalam kapur barus ternyata sangat ampuh untuk mengatasi tikus. Selain itu bau yang ditimbulkannya juga cukup menyengat sehingga membuat tikus bisa saja mati ketika terlalu sering mencium kapur barus ini. untuk menggunakannya, anda cukup mencoret-coret kapur barus di area-area yang sering dilewati oleh tikus. Namun hindari menggunakan kapur baru dengan tangan langsung karena ditakutkan dapat berbahaya.

4. Menggunakan Cengkeh

 

Solusi alternative lainnya untuk mengusir tikus di rumah adalah dengan menggunakan cengkeh. Rempah-rempah yang satu ini tak hanya dapat digunakan sebagai bahan masakan namun juga ampuh dan mudah digunakan untuk mengusir tikus. Kandungan minyak essensial yang ada didalam cengkeh berperan sebagai anti mikroba dan anestesik yang dapat menganggu tikus. Sehingga secara tidak langsung bisa membantu mengusir tikus-tikus yang bersarang di rumah anda.

Untuk menggunakannya, cukup taburkan bubuk atau cengkah kering di beberapa tempat yang diyakini sebagai sarang tikus atau tempat berlalu lalangnya tikus semisal pipa, kolong meja, dan lainnya. Lakukan cara ini rutin hingga rumah anda bebas dari tikus.

5. Menggunakan Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki bau yang cukup menyengat dan ampuh digunakan untuk mengatasi tikus-tikus di rumah. Caranya pun juga cukup mudah, larutkan buah mengkudu di dalam air dan hingga larut. Setelah itu semprotkan larutan mengkudu tersebut merata di area-area yang sering dilewati tikus. Cara ini akan efektif membuat tikus terusir dari rumah anda dan bahkan tidak berani untuk datang kembali.

6. Menggunakan Merica Bubuk

Cara lainnya untuk mengusir tikus dari rumah anda adalah dengan menggunakan merica bubuk. Merica bubuk memilii bau yang tidak disukai oleh tikus sehingga ampuh untuk mengusir tikus-tikus yang bersarang di rumah.

Caranya pun juga cukup mudah, anda hanya perlu menaburkan bubuk merica di tempat-tempat yang ditinggal tikus maupun dilewati tikus. Lakukan cara ini setiap harinya dalam 1 minggu saja maka tikus bisa segera keluar dari rumah anda.

7. Menggunakan bawang merah

Tak hanya dijadikan sebagai bumbu dapur saja, bawang merah juga ampuh digunakan untuk mengatasi tikus yang bersarang di rumah. Senyawa flavonoid dan fenol di dalamnya menjadi zat yang dapat membuat mata mengeluarkan air mata ketika mengupas kulitnya. Alasan inilah yang menyebabkan bawang merah menjadi solusi alternative untuk mengatasi tikus-tikus di rumah. CUkup kupas bawang merah dan iris tipis-tipis kemudian letakkan irisan-irisan bawang merah tersebut di tempat-tempat yang sering ditinggali tikus.

8. Menggunakan Baking Soda

Dalam sebuah penelitian pernah dijelaskan jika tikus tidak dapat bersendawa atau mengeluarkan gas yang ada di dalam rubuhnya. Untuk itu lah baking soda menjadi solusi yang ampuh untuk mengusir tikus. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, cukup campurkan baking soda ke makanan-makanan yang disukai tikus.

Setelah itu tempatkan makanan tersebut di area-area yang sering dilewati tikus. Jika tikus memakannya, maka akan menyebabkan perut tikus menjadi terasa kembung karena reaksi baking soda yang menyebabkan munculnya gas namun tikus sendiri tidak bisa mengeluarkan gas yang ada di dalamnya. Sehingga menyebabkan tikus mengalami kembung dan bahkan juga dapat menyebabkan kematian tikus.

9. Minyak Peppermint

Minyak ini memiliki aroma yang cukup menyegarkan yang dapat digunakan untuk bahan alami mengatasi tikus. Hewan pengerat ini sama sekali tidak tahan dengan bau yang ditimbulkan oleh peppermint. Sehingga saat tikus mencium bau tersebut, maka menyebabkan tikus menjadi mabuk dan lemah.

Untuk menggunakannya, cukup taburkan minyak peppermint di area-area yang sering dilewati dan ditinggali tikus seperti kolong meja, sudut-sudut ruangan dan lainnya. Lakukan cara ini rutin setiap harinya sehingga tikus segera kabur.

10. Menggunakan Detergen dan Cabai

 

Kombinasi detergen dan cabai ini dapat digunakan untuk mengatasi tikus. Untuk membuatnya anda bisa mencampurkan 1 sdm detergen dan 1 sdt cabe halus dengan sedikit air. Setelah itu aduk merata semua bahan dan kemudian pindahkan ke botol semprot. Anda cukup menyemprotkan campuran detergen dan cabai tersebut ke area-area yang sering dilewati tikus. Namun pastikan jika anda menggunakan pelindung mata saat menggunakannya sehingga mata tidak perih.

11. Menggunakan Buah Durian

Buah durian memang terkenal dengan bau nya yang cukup menyengat sehingga dapat digunakan sebagai salah satu solusi alternative yang efektif untuk mengusir tikus. Bau durian yang menyengat membuat tikus menjadi terganggu dan kemudian akan pergi dari rumah anda. Untuk menggunakannya, anda bisa menggunakan kulit durian dan letakkan di area-area yang sering ditempati tikus. Sehingga tikus bisa segera kabur dari rumah anda.

12. Daun Salam

Selain menjadi penyedap makanan, daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tikus-tikus yang menempati rumah anda. Kandungan minyak asiri, tanin, flavonoid, sitral, dan egeunol di dalamnya menimbulkan bau yang kurang disukai oleh tikus. Untuk menggunakannya, anda cukup meletakkannya di area-area yang sering ditempati tikus. Dan dengan segera tikus-tikus bisa segera kabur dari rumah anda.

Selain tips diatas, anda bisa mencoba cara mengusir tikus dengan menggunakan racun tikus yang dijual bebas di pasaran. Namun perhatikan penggunaan racun ini agar jangan sampai membahayakan, terutama bagi anda yang memiliki anak-anak di rumah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

  • cara mengusir tikus dari rumah
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.