Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

4 Cara Menguruskan Badan Setelah Melahirkan Yang Terbukti Ampuh

Penambahan berat badan saat hamil memang wajar, tapi sebagai wanita, pastinya Anda tidak ingin berlama-lama dengan berat badan yang berlebih. Tidak hanya Anda, banyak ibu yang setelah melahirkan memilih cara diet sehat untuk menurunkan berat badan mereka. Karena mereka juga harus menyusui buah hati, cara diet yang dipilih juga harus tepat. Anda boleh saja mengkonsumsi obat pencahar untuk mendapatkan berat badan yang ideal, namun hal ini berbahaya jika si kecil minum air susu Anda. Saat menyusui, pastikan Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, tidak tercampur oleh bahan kimia. Setelah melahirkan, berat badan Anda memang tidak akan turun dengan sendirinya.

Anda perlu usaha keras untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, tapi Anda juga harus memperhatikan kesehatan buah hati. Masa kehamilan memang selalu membuat berat badan wanita bertambah, bahkan bertambah sangat cepat. Hal inilah yang menjadi kecemasan besar bagi ibu apalagi jika Anda ingin selalu tampil percaya diri. Penambahan berat badan saat hamil bisa membuat kepercayaan diri wanita hilang. Dengan cara diet sehat, Anda bisa mengurangi berat badan dengan mudah selama masa menyusui. Setelah melahirkan, Anda bisa menjalani beberapa program diet. Ada cukup banyak program diet yang bisa Anda pilih, namun pastikan program tersebut cocok untuk Anda dan tidak menggangu si kecil.

Buah hati Anda membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup sehingga Anda juga harus memperhatikan hal ini sebelum memutuskan untuk diet. Anda tidak bisa hanya memperhatikan penampilan saja, Anda bisa langsing tapi si kecil kurang gizi, pastinya hal ini menyedihkan. Bagi ibu yang membrikan ASI eksklusif untuk si kecil, mereka kadang harus meninggalkan keinginannya untuk menjalani diet. Masa menyusui tersebut merupakan momen dimana Anda harus mencari cara diet sehat yang benar-benar tepat. Saat menyusui sebenarnya berat badan Anda bisa menurun. Karena itulah, saat menyusui sebaiknya Anda tidak melakukan diet, apalagi si kecil membutuhkan ASI eksklusif.

Cara Menguruskan Badan Setelah Melahirkan Dengan Aman Dan Alami

Untuk menjaga berat badan setelah melahirkan, Anda bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran yang mengandung serat tinggi adalah makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi. Sekalipun Anda tidak bisa menjalani diet saat menyusui, Anda bisa mengatur pola makan dengan baik.

Berikut beberapa cara menguruskan badan setelah melahirkan dan saat menyusui yang alami, yaitu antara lain.

1. Perbanyak konsumsi sayuran

Sayuran memberikan kecukupan nutrisi dan gizi untuk kesehatan Anda, apalagi jika Anda harus menyusui buah hati. Pilihlah beberapa jenis sayuran yang kaya serat seperti brokoli, kubis, lobak dan sayura lainnya yang mengandung lebih banyak serat. Serat dalam sayuran tersebut membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda bisa menunda konsumsi makanan lain terutama camilan yang bisa menyebabkan berat badan Anda naik.

Beberapa jenis sayuran lain juga Anda butuhkan untuk meningkatkan kualitas ASI disamping untuk melangsingkan tubuh Anda. Jangan khawatir, sekalipun Anda mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang banyak, hal ini tidak membuat berat badan Anda naik.

2. Perbanyak konsumsi buah

Sama halnya dengan sayuran, buah juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu pasca melahirkan. Namun, Anda bisa memilih buah yang aman dikonsumsi, hindari buah yang masam, buah yang membuat perut Anda panas. Hindari konsumsi buah mangga muda, buah nanas dan buah masam lainnya. Konsumsi buah nanas berlebih bisa membat perut menjadi panas dan hal ini membuat Anda tidak nyaman. Anda bisa mengkonsumsi buah apel, anggur, jeruk, melon dan buah lainnya yang mengandung serat, vitamin, mineral dan nutrisi lain yang dibutuhkan ibu menyusui.

3. Rajin berolahraga

Cara terbaik untuk mendapatkan tubuh lebih langsing setelah melahirkan adalah dengan berolahraga. Anda bisa memilih cara diet sehat dengan berolahraga setelah melahirkan, pilihlah olahraga yang aman karena Anda baru saja melahirkan. Dengan berolahraga, Anda bisa mengurangi berat badan tanpa mengganggu aktivitas menyusui Anda.

4. Tidur cukup

Tidur yang cukup dibutuhkan bagi ibu menyusui, hal ini bukan hanya membuat Anda tetap fit namun juga bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Pastikan Anda tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari. Sekalipun Anda menyusui, perhatikan kualitas tidur Anda.

Setelah masa menyusui selesai, Anda bisa memutuskan cara diet sehat lainnya yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Jika masa menyusui telah selesai, Anda bisa memilih diet lainnya karena Anda sudah bisa mengkonsumsi makanan lain yang selama menyusui tidak boleh dikonsumsi. Banyak wanita yang mendapatkan tubuh langsing setelah melahirkan, namun mereka hanya melakukan hal yang biasa saja. Mengatur pola makan yang seimbang, mengkonsumsi makanan olahan sendiri dan menghindari camilan, hal ini membantu Anda menurunkan berat badan pasca melahirkan. Jangan takut dengan kenaikan berat badan pasca melahirkan karena Anda bisa menjalani cara menguruskan badan setelah melahirkan yang menyenangkan.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.