Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

10 Cara Mengobati Bisul Dengan Bahan Alami Yang Terbukti Ampuh

Bisul merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan terjadinya benjolan merah, terasa sakit dan juga bernanah. Benjolan pada bisul disebabkan adanya infeksi bakteri sehingga terjadinya peradangan pada bagian folikel rambut. Pada umunya bisul terjadi pada bagia ketiak, bahu, paha atau bahkan dapat tumbuh dimana saja. Pada awal mula terjadi bisul benjolan merah masih kecil, bengkak dan akan terasa hangat. Akan tetapi seiring berjalannya waktu benjolan tersebut akan membesar dan berisikan nanah dan akan muncul titik putih atau sering disebut mata bisul.

Bakteri yang menyebabkan bisul yaitu bakteri Staphylococcus aureus. Bisul disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya yaitu kebersihan yang tak terjaga, terjadi kontak langsung dengan penderita bisul, daya imun tubuh lemah, dll. Tak sedikit orang belum mengetahui bagaimana cara mengobati bisul tanpa menggunakan obat ataupun salep yang dibeli dari apotek.

Cara Mengobati Bisul Dengan Bahan Alami

Selain dapat diobati menggunakan berbagai obat dan salep dari apotek, ternyata mengobati bisul dapat dilakukan dengan cara-cara alami. Berikut ini cara mengatasi bisul diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Lidah buaya

Selain dengan cara dikompres, bisul juga dapat diobati dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan tumbuhan yang mengandung mineral, vitamin dan juga antioksidan yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk gangguan kesehatan. Selain untuk perawatan rambut lidah buaya juga mempunyai manfaat dalam mengobati bisul. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati bisul yaitu potong lidah buaya kemudian tempelkan bagian daging lidah buaya pada bagian bisul. Oleskan daging lidah buaya secara rutin agar bisul cepat terobati.

2. Bawang Putih

Bawang putih selain untuk pelengkap bumbu masakan rupanya mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari bawang putih yaitu untuk mengobati bisul. Cara mengobati bisul menggunakan bawang putih sangatlah mudah yaitu siapkan bawang putih kemudian tumbuk atau haluskan bawang putih. Setelah menghaluskan bawang putih kompres terlebih dahulu bisul menggunakan air hangat kemudian tempelkan bawang putih yang telah dihaluskan pada bagian bisul. Selain itu Anda juga dapat langsung memberikan gesekan pada bisul mengguanakan bawang putih dan pastikan menggeseknya dengan lembut.

3. Temulawak

Temulawak merupakan jenis rempah-rempahan yang sering dijadikan sebagai bahan dasar dari pembuatan minuman herbal. Minuman herbal tersebut mempunyai manfaat menjaga stamina tubuh. Selain untuk itu temulawak dapat mengobati bisul. Cara mengobati bisul dengan temulawak yaitu siapkan temulawak kemudian iris temulawak menjadi tipis-tipis. Masukkan temulawak yang telah di iris tipis-tipis pada air kemudian rebus dan tambahkan gula aren. Setelah mendidih angkat rebusan temulawak kemudian tambahkan seikit asam jawa kemudian saring air rebusan temulawak tersebut dan minuman herbal temulawak untuk mengobati bisulpun telah siap dikonsumsi.

4. Akar pule pandak

Pule pandak merupakan jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan tanaman pule pandak yaitu hipertensi, insomnia, gatal-gatal, dan juga mengobati bisul. Pada akar pule pandak dipercaya memiliki berbagai senyawa positif untuk tubuh. Cara mengobati bisul menggunakan akar pule pandak yaitu siapkan akar pule pandak kering kemudian cuci hingga bersih dan rebus akar pule pandak tersebut. Setelah mendidih tiriskan air rebusan akar pule pandak tersebut dan segera minumlah.

5. Daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan dari sejak zaman nenek moyang. Pada daun sirih terdapat kandungan antibiotic yang mempunyai manfaat mengobati bisul dan juga mencegah terjadinya penyebaran bakteri yang menyebabkan bisul. Cara mengobati bisul menggunakan daun sirih yaitu dengan menempelkan ramuan daun sirih pada bagian bisul. Siapkan beberapa lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih. Setelah dicuci bersih tumbuk atau haluskan daun sirih hingga halus. Oleskan daun sirih yang telah dihaluskan pada bagian bisul kemudian tutup menggunakan perban. Tunggu kurang lebih 2 jam dan bersihkan bisul menggunakan air hangat.

6. Daun sirsak

Pada daun sirsak terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut mempunyai khasiat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker dan juga tumor. Selain itu daun sirsak juga mempunyai manfaat dalam mengobati bisul secara ampuh. Cara menggunakannya yaitu siapkan beberapa lembar daun sirsak kemudian tumbuk daun sirsak hingga halus. Oleskan tumbukan daun sirsak tersebut pada bagian bisul dan tunggu hingga daun sirsak tersebut mengering. Setelah kering bilas bagian bisul menggunakan air hangat atau hingga bersih.

7. Bawang merah

 

Selain bawang putih bahan bumbu masak lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati bisul yaitu bawang merah. Pada umumnya khasiat dari bawang merah sama persis dengan khasiat yang dihasilkan oleh bawang putih. Perbedaannya terletak dari bagaimana proses penyembuhannya, bawang putih berkhasiat dalam membantu pengeringan bisul. Cara penggunaannya pun sama dengan menggunakan bawang putih yaitu siapkan beberapa bawang merah lalu parut bawah merah tersebut atau dapat dihaluskan. Oleskan atau tempelkan bawang merah yang telah dihaluskan pada bagian bisul, pastikan sebelum mengoleskan bawang putih bisul telah di cuci atau dikompres menggunakan air hangat. Tunggu kurang lebih 2 jam jemudian cuci hingga bersih.

8. Mentimun

Timun mempunyai kandungan anti inflamasi yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya peradanga pada kulit. Penggunaan mentimun untuk mengobati bisul dapat dilakukan dengan mengkombinasikan mentimun dengan biji pala. Pada biji pala terdapat kandungan anti bacterial sehingga dapat membasmi bakteri yang menyebkan bisul. Cara penggunaannya yaitu sipakan 1 buah mentimun kemudian haluskan mentimun dan tambahkan biji pala. Setelah selesai dihaluskan siapkan daun pisang dan masukkan ramuan tersebut pada daun pisang. Daun pisang selanjutnya akan di panggang hingga hangat, setelah hangat daun pisang tersebut akan dioleskan pada bagian yang terken bisul. Oleskan ramuan tersebut secara merata pada bagian bisul kemudian tunggu beberapa menit hingga kering dan bilas menggunakan air hangat.

9. Tanaman jombang

Tanaman jombang merupakan tanaman yang sangat mujarab dalam mengobati kencing batu. Namun tahukah Anda bahwa batang dan daun pada tanaman jombang mempunyai manfaat dalam mengobati bisul. Cara menggunakannya yaitu haluskan bagian daun tanaman jombang sedangkan bagian batangnya digiling. Peras daun yang telah dihaluskan sebelumnya kemudian air perasan tersebut dapat dioleskan pada bagian yang terkena bisul. Tunggu beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

10. Daun bayam duri

Daun bayam duri mempunyai khasiat mengatasi atau meredakan rasa sakit, pedih dan juga panas yang disebabkan karena bisul. Untuk mengobatinya campurkan daun bayam dengan garam. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan beberapa lembar daun bayam duri tambahkan ½ sdt garam. Remas daun bayar yang telah dicampurkan dengan garam lalu tempelkan daun tersebut pada bagian bisul dan diamkan kurang lebih 2 jam. Langkah terakhir bersihkan bisul menggunakan air hangat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati bisul. Selain cara tersebut ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati bisul yaitu menggunakan asam jawa. Agar bisul cepat sembuh maka Anda harus menjaga kebersihan dan juga secara rutin mengompres bisul menggunakan air hangat, mengganti perban, dll. Sekian pembahasan mengenai cara mengobati bisul, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • Cara meredakan bisul menggunakan sirih
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.