Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

17 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Cepat Dan Mudah

Mukus merupakan dahak yang ada di dalam saluran napas yang keberadaanya bahkan tidak disadari sampai tubuh merasa sakit dan mulai mengalami batuk-batuk. Mukus diproduksi oleh sel di saluran udara bagian atas dan paru-paru dan terbuat dari protein, air, dan garam. Dan tahukah bahwa sebenarnya lendir itu memainkan peran penting untuk tubuh kita. Lendir membentuk lapisan pelindung yang membuat hidung dan saluran udara mengering dan menjebak kotoran dan kuman agar tidak masuk lebih jauh ke dalam tubuh. Antibodi dalam lendir juga membunuh kuman dan melindungi dari infeksi.

Biasanya lendir tersebut memiliki struktur seperti rambut mikroskopis (disebut silia) memindahkan lendir ke bagian belakang tenggorokan dan kemudian ditelan. Tetapi jika sistem pernafasan menghasilkan lendir berlebih (atau dikenal sebagai dahak), ia dapat menetes ke tenggorokan dan menyebabkan suara menjadi serak, sakit tenggorokan, atau batuk. Dan lendir yang lengket dan kental menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Apa penyebab dahak? Reaksi alergi atau penyakit virus seperti pilek dapat menyebabkan lendir berlebih, sehingga dapat terjadi infeksi pada saluran udara atas atau paru-paru, misalnya, kondisi seperti tuberkulosis, pneumonia, atau bronkitis. Hal Ini mungkin juga merupakan indikasi terjadinya penyakit paru-paru kronis (misalnya, penyakit paru obstruktif kronik) atau asma. Dan pada kasus pasien perokok, maka dahak mungkin menunjukkan kerusakan paru-paru.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Mudah

Dahak dapat menjebak virus, debu dan alergen. Ketika tubuh kita sehat, lendir ini berbentuk tipis dan kurang terlihat dan dirasakan dan apabila sakit atau terkena terlalu banyak partikel asing dari luar, dahak dapat menjadi tebal dan kuantitasnya bisa bertambah karena ia menjebak zat asing ini.

Apabila kita berobat ke dokter mungkin akan diresepkan obat-obatan seperti ; antihistamin (untuk alergi), antibiotik (untuk infeksi bakteri), atau steroid (untuk asma) namun sebelum ke dokter atau menggunakan obat-obatan kimia sebaiknya ikuti tips-tips dan cara mengobati batuk berdahak secara alami berikut ini :

1. Menjaga kelembaban udara

Melembabkan udara di sekitar dapat membantu menjaga lendir/dahak tetap tipis. Disarankan untuk menggunakan humidifier. Alat ini dapat digunakan dengan aman sepanjang hari. Dengan mengganti air setiap hari dan membersihkan humidifier sesuai dengan instruksi atau petunjuk yang diberikan.

2. Menjaga hidrasi tubuh

Untuk mencegah dehidrasi usahakan untuk banyak minum cairan, terutama minuman-minuman yang hangat yang dapat membantu lendir keluar dari saluran napas. Air dapat melonggarkan saluran napas dan membantu dahak untuk bergerak. mengkonsumsi jus, menghirup kaldu sup ayam (asam amino yang ditemukan dalam daging ayam dapat membantu lendir menjadi tipis), minum teh tanpa kafein dan air jeruk nipis dapat membantu sekresi mukus.

3. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kaya Vitamin

Yaitu lemon, jahe, dan bawang putih dapat membantu mengobati flu, batuk, dan lendir yang berlebih. Makanan pedas yang mengandung capsaicin, seperti cabe rawit atau cabai biasa juga dapat membantu membersihkan sinus dan membuat lendir bergerak.

4. Beberapa bukti ilmiah

Menunjukkan bahwa tumbuhan berikut ini dapat mencegah atau mengobati penyakit pernapasan termasuk di dalamnya batuk berdahak,tumbuhan tersebut antara lain :

  • Delima
  • Akar licorice
  • Ginseng
  • Buah beri
  • Echinacea
  • Teh jambu biji

5. Berkumur air garam

Berkumur dengan satu sendok teh garam yang dilarutkan ke dalam delapan ons air hangat dapat membantu mengangkat lendir dan juga meringankan sakit pada tenggorokan.

6. Menggunakan uap air

Rebus air dalam panci yang lebar. Setelah gelembung air berhenti, hirup uap air tersebut sambil melatakkan handuk di atas kepala, hal ini dimaksudkan supaya uap air tidak cepat hilang ke udara. Lakukan cara ini selama lebihkurang 5-10 menit cara ini dapat membantu melonggarkan dan menghilangkan mukus.

7. Menggunakan Eucalyptus

Eucalyptus umumnya digunakan untuk mengobati masalah pada sistem pernapasan dan minyak kayu putih dapat mengurangi dahak. Berkumur dengan daun eukaliptus segar untuk meringankan sakit pada tenggorokan Menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke inhalasi uap dapat meningkatkan kekuatannya dan juga cepat membersihkan dahak yang mengendap di tenggorokan. Namun perlu diingat bahwa obat ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak atau wanita hamil atau menyusui.

8. Mengkonsumsi Peppermint

Zat mentol yang terkandung pada peppermint dapat melonggarkan lendir dan lendir menjadi lebih tipis. Teh yang dibuat dari daun peppermint akan membantu membersihkan penyumbatan oleh dahak.Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint untuk inhalasi uap cara ini juga dapat membantu menghilangkan dahak. Obat ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena menghirup mentol dapat memberikan efek yang buruk pada anak-anak.

9. Teh Thyme

Mengkonsumsi teh thyme dapat membantu menghilangkan lendir, bahan ini memiliki sifat antiseptik dan bahkan dapat meningkatkan kekebalan/imun tubuh. Pada saat tenggorokan terasa sakit atau terganggu oleh lendir maka hal ini dapat diminimalisir dengan meminum teh thyme. Untuk mengurangi sakit tenggorokan, teh thyme ini juga bisa untuk berkumur dengan cara merebus thyme yang disiapkan dengan ke dalam air selama lebih kurang sepuluh hingga dua puluh menit.

10. Konsumsi Lemon Dan Madu

Lemon dan madu telah lama dikenal masyarakat yang digunakan secara tradisional untuk mengobati batuk dan pilek. Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat melegakan tenggorokan, sementara lemon kaya akan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merupakan zat antioksidan yang kuat. Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan anti virus. Tambahkan sekitar tiga sendok makan jus lemon dan sedikit madu ke secangkir air hangat. Sebuah studi menemukan bahwa obat ini secara signifikan mengurangi keparahan dan frekuensi batuk pada anak-anak.

11. Minum Teh Adas Manis

Adas manis dikenal dapat memecah lendir dan melegakan pernapasan. Lumat beberapa sendok teh adas manis dan biarkan mendidih dalam air selama sepuluh hingga lima belas menit. Saring dan minum hingga bersih untuk mengurangi lendir.

12. Diet seimbang

Diet yang sehat dengan banyak makan buah-buahan dan sayuran dapat membantu sistem kekebalan tetap kuat dan sehat. Kondisi tubuh yang sehat akan membantu melawan kuman penyebab batuk.

13. Hindari kuman dan alergen

Biasakan untuk mencuci tangan, terutama sebelum menyentuh makanan atau menyentuh mulut atau hidung. Selain itu, cara lain untuk mencegah reaksi alergi adalah menghindari zat yang sensitif terhadap tubuh kita.

14. Daun Tulsi

Daun tulsi telah dikonsumsi secara tradisional untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Di beberapa negara Asia dan dari penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa tulsi dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

15. Olah raga dan Istirahat

Biasakan untuk berolah raga secara teratur dan untuk beristirahat yang cukup, hal ini dapat menjaga kekebalan tubuh dan menangkal terhadap serangan penyakit dari luar.

16. Konsumsi yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri menguntungkan yang dapat mengurangi keparahan gejala infeksi saluran pernafasan dan mampu meredekan batuk.

17. Konsumsi bawang putih

Dari hasil penelitian telah ditemukan bahwa bawang putih memiliki efek perlindungan terhadap pilek biasa serta membantu masa pemulihan lebih cepat.

Demikian tadi beberapa cara mengobati batuk berdahak secara alami, namun perlu diingat apabila terjadi batuk yang menyebabkan sakit parah, batuk berdarah, sesak napas dan berlangsung selama empat minggu atau lebih maka perlu segera dibawa ke dokter untuk diberikan tindakan medis yang tepat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.