Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

10 Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Dan Bawah Mata Yang Terbukti Ampuh

Wajah mengalami kerutan merupakan hal yang wajar apabila seseorang telah memasuki usia 40 tahun keatas. Namun apabila seseorang mengalami kerutan di wajah di usia yang masih sangat muda maka hal tersebut tentunya sangat tidak diinginkan hal tersebut merupakan proses penuaan dini. Terjadinya kerutan pada wajah disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab terjadinya kerutan pada wajah diantaranya yaitu terjadinya penuaan dini. Penuaan dini disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal.

Faktor internal diantaranya yaitu faktor genetika, hormon, proses metabolism dan juga kondisi kesehatan seseorang. Sedangkan faktor eksternal disebabkan pola hidup yang buruk sepertit merokok, minum alcohol, sering terkena cahaya matahari, dll.

Terjadinya kerutan di wajah tentunya membuat Anda merasa tidak percaya tidak diri. Sehingga berbagai hal dilakukan untuk menghilangkan kerutan di wajah mulai dari penggunaan berbagai obat hingga melakukan operasi plastic. Melakukan berbagai perawatan medis untuk menghilangkan kerutan tentunya akan menimbulkan berbagai efek samping, oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut maka lakukan lah berbagai cara yang alami.

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Dengan Mudah

Terdapat banyak cara alami yang dapat meghilangkan kerutan di wajah. Berikut ini penjelasan secara lengkap cara menghilangkan kerutan di wajah secara cepat dan alami. Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Gunakan susu dan madu

Cara yang pertama yaitu menggunakan masker susu dan madu. Perpaduan antara susu dan madu menghasilkan nutrisi yang sangat baik untuk kerutan yang ada pada wajah. Pada madu terdapat kandungan humektan yang mempunyai fungsi menyerap dan menjaga kelembaban kulit sehingga elastisitas kulit wajah tetap terjaga. Sedangkan pada susu terdapat asam laktat yang mempunyai fungsi menbantu proses sekresi secara maksimal. Cara membuat masker susu dan madu sangatlah mudah yaitu hanya dengan mencampurkan 15 sdm madu dan ½ sdm susu tawar kemudian aduk merata. Setelah itu gunakan masker tersebut pada bagain wajah yang keriput sambil memijitnya secara pelaharan, diamkan sekitar kurang lebih 30 menit dan terakhir bilas masker tersebut menggunakan air hangat.

2. Menggunakan masker lemon dan gula

Maske yang kedua yaitu masker lemon dan gula. Pada gula terdapat kandungan glikolat yang berfungsi memperbaiki berbagai kerusakan pada sel kulit. Sedangkan lemon terdapat asam sitrat yang mempunyai fungsi mengangkat semua sel kulit mati yang ada pada kulit wajah, selain itu terdapat kandungan vitamin C yang mempunyai fungsi meningkatkan kolagen yang ada pada kulit wajah. Cara membuat masker lemon dan gula yaitu siapkan 1 sdm gula dan 2 sdm air lemon campurkan kedua bahan tersebut lalu gunakan pada bagian kulit yang terdapat kerutan. Diamkan 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan bersih.

3. Menggunakan masker putih telur

Kandungan protein pada putih telur sangat tinggi dan mempunyai khasiat menggantikan sel-sel kulit mati yang menyebabkan terjadi kerutan pada wajah. Putih telur mempunyai sifat astrigen yaitu sifat yang membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan kencang. Cara membuat masker putih telur yaitu siapkan putih telur lalu kocok hingga berbusa, ambil bagian busa putih telur dan oleskan pada kulit wajah yang terdapat kerutan. Tunggu 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

4. Menggunakan mentimun

 

Salah satu penyebab terjadinya kerutan di wajah yaitu kekurangan cairan pada bagian kulit. Untuk menghilangkan kerutan yang disebabkan karena kehilangan cairan maka solusinya yaitu menggunakan mentimun. Cara menggunakannya yaitu iris tipis mentimun dan tempelkan pada bagian kerutan yang ada pada wajah, diamkan 10 hingga 15 menit kemudian bilas menggunakan air dingin. Untuk hasil yang maksimal gunakan secara rutin satu kali sehari.

5. Menggunakan minyak zaitun

Khasiat minyak zaitun untuk kulit sudah tidak dapat diragukan lagi. Minyak zaitu mempunyai khasiat menjaga kelembaban kulit sehingga akan membantu mengurangi kerutan yang ada pada wajah. Gunakan minyak zaitun untuk mencuci wajah untuk hasil yang maksimal padukan dengan minyak wortel. Jika Anda tidak mempunyai minyak wortel maka dapat menggantinya dengan perasan air wortel. Setelah mencuci wajah dengan minyak zaitun dan minyak wortel cuci bersih wajah menggunakan air hangat.

6. Menggunakan masker tomat

Masker tomat mempunyai khasiat untuk menghilangkan dan mencegah terjadinya kerutan pada kulit wajah. Cara membuatnya masker tomat yaitu haluskan 2 buah tomat kemudian campurkan dengan 1 sdm madu. Oleskan masker tomat pada bagian wajah tunggu hingga 15 menit kemudian cuci dengan air bersih. Gunakan masker tomat secara rutin yaitu setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

7. Menggunakan masker daun teh

Masker lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah yaitu masker daun teh. Masker daun teh dipercaya dapat mengurangi berbagai kerutan yang ada pada wajah. Cara membuat masker daun teh yaitu haluskan beberapa helai daun teh kemudian tambahkan madu pada daun teh yang telah halus. Oleskan masker daun teh tersebut pada area kerutan yang ada pada wajah, tunggu 15 hingga 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan penggunaan masker daun teh ini secara rutin minimal 2 kali dalam satu minggu.

8. Konsumsi air putih secukupnya

Mengkonsumsi air putih secukupnya mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi air secukupnya maka kebutuhan cairan pada tubuh akan terpenuhi dengan begitu kebutuuhan cairan tubuh pun akan terpenuhi sengga kulit akan tetap lembab. Dengan terjaganya kelembaban kulit wajah maka berbagai kerutan pun akan mudah berkurang. Oleh karena itu konsumsilah air putihnya setidaknya 8 gelas dalam sehari.

9. Memijat wajah

Selain menggunakan berbagai masker ada cara lain dalam menghilangkan kerutan diwajah yaitu memijat pada bagian wajah. Dengan memberikan pijat pada bagian wajah akan membantu menghilangkan kerutan yang ada pada wajah. Pijatlah pada bagian kelenjar getah bening karena dengan memijat bagian kelenjar getah bening maka dapat membantu mengurangi kelebihan berat air yang ada pada wajah dengan begitu kerutan akan mudah hilang. Cara memijatnya yaitu gunakan jari telunjuk dan lakukan gerakan secara memutar. Pijatlah bagian bawah telinga hingga bagian leher, kemudian pijat bagian bawah dagu hingga ke bagian tulang rahang. Setelah itu pijatlah area pelipis dan pada kedua sisi kanan dan kiri kulit wajah.

10. Menepuk kerutan dengan lap basah

Mungkin sebagaian orang belum mengetahui cara ini, ternyata dengan menepuk bagin kerutan pada kulit wajah menggnuakna lap basah dapat menghilangkan kerutan. Cara melakukannya sangat mudah yaitu basahi lap atau kain dengan hangat kemudian tepuk pada bagian kulit wajah yang terdapat kerutan. Pastikan menepuk semua bagian kulit yang terdapat kerutan secara merata. Cara ini dapat kamu lakukan pada saat pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

Nah itulah 10 cara menghilangkan kerutan di wajah yang dapat Anda coba lakukan di rumah tanpa perlu ke salon kecantikan. Pastikan untuk mengatur pola hidup sehat untuk menghilangkan kerutan di wajah, karena pola hidup sangat mempengaruhi munculnya kerutan pada wajah. Sekian pembahasan mengenai cara menghilangkan kerutan di wajah, semoga artikel ini bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.