Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

11 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Yang Ampuh Dan Alami

Masa kehamilan merupakan masa yang ditunggu-tunggu terutama untuk para ibu muda yang baru saja menikah. Namun sayangnya saat awal masa kehamilan Anda akan mendapatkan beberapa efek samping yang sangat mengganggu, salah satunya adalah mual yang sangat berlebihan. Gejala ini akan muncul di bulan-bulan pertam Anda hamil, ingin makan saja Anda akan sangat kesulitan. Bahkan hanya sekedar minum saja, Anda juga akan merasakan mual yang sangat hebat.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Secara Alami

Lantas, bagaimana cara mengatasi mual saat hamil mudah? Berikut ulasannya.

1. Aturan pola makanan

Saat Anda sedang hamil pastinya Anda akan merasakan mual sebagai gejala awal kehamilan. Bahkan saat akan makan sesuatu rasa mual kerap menyerang. Nah, karena Ada sangat membutuhkan asupan makanan dan janin juga sangat membutuhkannya Anda tentunya harus tetap makan. Namun agar bisa menghindari rasa mual tersebut, Anda bisa mengakalinya dengan mengatur pola makan.
Jika dalam kondisi normal Anda bisa makan banyak dalam waktu 1 waktu dan 3 kali sehari, saat masa kehamilan sebaiknya Anda membagi waktu menjadi lebih banyak. Misalnya menjadi 7 kali makan, namun dengan porsi harian yang sama. Hanya saja, Anda akan memakannya sedikit-sedikit jadi tidak sekaligus.

2. Mengkonsumsi crackers

Sebagai pencegahan rasa mual sebaiknya Anda juga menyiapkan crackers di atas meja makan Anda, atau di dekat tempat tidur jika Anda sedang harus beristirahat total selama seharian. Ngemil makanan ringan yang tidak terlalu berat akan membantu Anda mengatasi masalah mual saat masa kehamilan Anda berlangsung.

3. Hindari makanan yang bau atau terlalu wangi

Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang memiliki bau sangat khas, ini karena akan membuat Anda sangat mual. Belum sampai ditelan pasti Anda akan memuntahkannya langsung. Anda bisa memilih makanan ringan yang aromanya tidak terlalu menyengat.

4. Hindari parfum

Saat masa kehamilan Anda berlangsung terutama pada awal kehamilan, kondisi hidung Anda akan sangat sensitif. Anda tidak akan tahan mencium wangi-wangian yang menyengat. Oleh sebab itu hindari dulu penggunaan parfum atau pewangi pakaian. Atau bahkan Anda juga harus menghindari detergen yang memiliki wangi. Untuk sementara waktu beri pengertian juga pada orang sekitar untuk tidak menggunakan minyak wangi beberapa saat saja.

5. Tunggu makanan sampai dingin

Makanan yang dalam keadaan hangat atau panas biasanya akan memberikan aroma lebih menyengat dibandingkan makanan dingin, jika Anda dalam kondisi normal tentunya akan lebih lebih nikmat jika memakannya selagi dalam keadaan hangat. Namun karena saat ini Anda sedang memasuki masa kehamilan bulan pertama yang membuat perut Anda terasa mual dan sangat sensitif, sebaiknya hindarilah mengkonsumsi makanan hangat. Tunggu makanan sampai dingin dulu, baru Anda bisa mengkonsumsinya. Ini sangat efektif mengurangi rasa mual Anda.

6. Duduk sejenak setelah makan dan beri jeda untuk suapan selanjutnya

Jika Anda sudah merasa kenyang setelah mengkonsumsi makanan sebaiknya jangan dulu bergerak, lebih baik Anda membuat tubuh rileks dulu. Duduk sebentar, bukan berbaring ya karena kalau berbaring malah akan memperlambat pencernaan Anda dan ini malah akan semakin beresiko untuk memicu terjadinya morning sickness. Saat makan juga sebaiknya Anda jangan terburu-buru, biarkan mulut Anda mengunyah sampai makanan hancur seutuhnya, kemudian beristirahat sebentar, dan makan lagi. Ya, rasa mual akan teratasi jika Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan sangat perlahan dan sedikit-sedikit.

7. Mengkonsumsi air jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat baik untuk kesehatan. Jika diolah menjadi wedang jahe, ini akan menghangatkan perut Anda terutama jika dikonsumsi saat sedang dalam keadaan atau cuaca yang dingin akan sangat sempurna sekali mengkonsumsi jahe. Nah, Anda juga bisa mengkonsumsi jahe saat masa kehamilan, ini akan membantu mengurangi rasa mual. Usahakan mengkonsumsi jahe saat masih dalam keadaan hangat agar bisa membantu menghangatkan perut Anda dan dengan efektif mengurangi rasa mual secara alami. Anda bisa mengonsumsi air jahe saat pagi hari, atau bisa juga saat malam hari.

8. Mengunyah permen mint

Rasa mint pada permen juga akan sangat membantu Anda untuk mengurangi rasa mual. Anda bisa menyiapkan satu bungkus perment mint saat masa kehamilan pertama, ini untuk jaga-jaga jika Anda sering merasakan mual tinggal ambil dan emut saja permentnya.

9. Mengkonsumsi air lemon

Selain rasa mint pada permen, rasa asam pada lemon juga sering sekali dimanfaatkan untuk mengatasi mual. Anda bisa mengkonsumsi air perasan lemon saat mual mulai menyerang. Kandungan vitamin C di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan. Anda tinggal memeras 1 buah lemon kemudian mencampurkannya dengan air hangat, jika ingin menambahkan rasa manis karena terlalu asam, Anda bisa menambahkan sedikit gula ke dalamnya. Jika Anda memiliki riwayat penyakit maagh sebaiknya jangan mengkonsumsi lemon saat perut Anda kosong, Anda bisa mengkonsumsinya pada siang hari setelah perut Anda terisi saat sarapan pagi.

10. Saat minum jangan terburu-buru dan berlebihan

Saat masa kehamilan berlangsung, sebenarnya Anda sangat dituntut untuk bisa memenuhi cairan yang ada di dalam tubuh. Namun, walaupun begitu bukan berarti Anda boleh minum secara berlebihan. Jika Anda terlalu berlebihan itu malah akan membuat perut Anda kembung dan membuat Anda semakin mual. Anda bisa minum secukupnya dengan takaran normal untuk orang dewasa. Selain itu juga minumlah dengan perlahan, tidak apa setengah jelas satu kali minum asalkan Anda melakukan dengan sering dan perlahan.

11. Menikmati waktu Anda

Rasa mual pada masa kehamilan pertama biasanya disebut juga dengan kondisi morning sickness. Kondisi ini sangatlah mengganggu kenyamanan Anda. Namun Anda pasti bisa melewatinya, semua ibu yang pernah hamil pasti pernah merasakan rasa mual yang berlebihan. Bahkan bisa saja mual tersebut melebih rasa mual yang Anda alami, namun mual pastinya akan berlalu.

Nah, Anda bisa menikmati waktu mual Anda dengan cara berjalan-jalan di pagi hari sambil menikmati udara segar dan matahari terbit, tentunya itu akan sangat menyehatkan tubuh dan janin yang ada di dalam perut Anda, selain itu juga rasa mual Anda bisa terhindar. Namun yang harus diingat, Anda tidak boleh berolahraga terlalu keras karena malah akan membahayakan pada kondisi janin yang ada di dalam perut Anda. Jika pasangan Anda sedang senggang, mintalah ia untuk menemani agar bisa membantu Anda saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah 11 cara mengatasi mual secara alami, Anda bisa memilih salah satu cara di atas untuk mengurangi gejala morning sickness di pagi hari. Cara terakhir bisa menjadi kunci Anda mengatasi rasa mual langsung dari dalam diri Anda sendiri tanpa harus menggunakan obat apapun. Selamat menikmati masa kehamilan!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.