Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

11 Cara Mengatasi Migrain Dan Sakit Kepala Sebelah Yang Terbukti Mujarab

Migrain merupakan sakit kepala yang terasa hanya pada sebelah bagian saja. Meskipun migraine tidak menyebabkan hal-hal serius akan tetapi pada saat migraine kambuh rasa sakit yang dirasakan sangat menyiksa sehingga menyebabkan penderitanya tidak dapat melakukan berbagai aktivitas seperti biasanya. Pada umumnya migraine lebih mudah diderita oleh wanita hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO. Migrain dapat terjadi secara tiba-tiba kapanpun dan dimanapun, bahkan migrain dapat muncul setiap harinya. Beberapa penyebab migrain diantaranya yaitu perubahan hormone, faktor genetika, mengkonsumsi alcohol, dan juga dapat disebabkan oleh stress, kekurangan tidur dan kelelahan.

Meskipun belum terdapat obat yang benar-benar dapat menyembuhkan migrain akan tetapi terdapat banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh migrain. Pada saat migrain menyerang tentunya Anda harus segera melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rasa sakit tersebut karena migrain dapat membuat berbagai aktivitas terganggu.

Cara Mengatasi Migrain Dengan Bahan Alami

Anda dapat melakukan beberapa cara mengatasi migrain dibawah ini untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan migraine, berikut cara alami untuk mengatasi migrain.

1. Mengkonsumsi minuman jahe hangat

Cara yang pertama yaitu mengkonsumsi jahe hangat. Pada jahe terdapat kandungan zat anti inflamasi yang mempunyai khasiat melawan berbagai senyawa yang merupakan penyebab terjadinya migrain. Minuman jahe hangat mempunyai khasiat membantu melancarkan peredaan darah dalam tubuh. Selain itu rasa hangat yang ditimbulkan dari jahe membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga migraine pun akan mudah teratasi. Anda dapat mengkombinasikan jahe hangat dengan menambahkan susu ataupun madu agar minuman jahe hangat menjadi lebih enak.

2. Konsumsi air putih dengan cukup

Salah satu penyebab terjadinya migraine yaitu dehidrasi. Ketika jaringan yang ada pada sekitar otak kekurangan cairan maka jaringan tersebut akan menjadi menyusut sehingga akan menimbulkan rasa nyeri pada kepala. Oleh karena itu konsumsilah air putih dengan cukup agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan. Minuman setidaknya 8 gelas sehari atau 2 liter sehari agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Mengkonsumsi air putih yang cukup akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit termasuk migrain.

3. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Cara yang ketiga yaitu konsumsi makanan yang mengandung magnesium. Magnesium mempunyai khasiat merileksasikan saraf-saraf yang tegang sehingga rasa sakit yang disebabkan migrain akan teratasi. Kekurangan magnesium akan menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terhambat sehingga akan menyebabkan terjadinya migraine. Makanan yang mengandung magnesium diantaranya yaitu kacang-kakcangan, sayuran hijau, biji-bijian, tomat, dll.

4. Melakukan hidroterapi

Hidroterapi merupakan cara yang dilakukan untuk mengatasi migrain. Hidroterapi merupakan teknik terapi yang menggunakan air. Khasiat dari hidroterapi yaitu melancarkan aliran darah pada kepala menuju kaki selain itu dapat mengatasi migrain. Cara melakukan hidroterapi yaitu rendam kaki menggunakan air dingin kemudian kompres bagian leher menggunakan kain yang telah dimasukkan ke dalam air hangat.

5. Mengontrol gula darah agar tetap stabil

Salah satu penyebab terjadinya migrain yaitu kadar gula darah yang rendah oleh karena itu mengontrol kadar gula darah merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi migrain. Untuk itu perlulah Anda menjaga atau mengatur pola makan yang mempengaruhi kadar gula darah pastikan agar kadar gula darah dalam tubuh tetap dalam normal. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan pilihlah makanan yang mempunyai kandungan gula yang normal, karena kelebihan kadar gula pun akan menyebabkan terjadinya diabetes. Salah satu makanan yang dianjurkan yaitu buah-buahan dan juga sayuran.

6. Memijat dengan minyak gosok

Cara yang keenam yaitu memijat dengan minyak gosok pada bagian pelipis. Migrain dapat terjadi karena adanya otot yang tegang pada bagian leher, bahu dan juga punggung. Untuk mengatasinya maka lakukan pijatan pada bagian leher yang merasa kaku atau pada bagian bahu dan punggung. Oleskan minyak gosok pada area leher, aroma minyak gosok dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta rasa hangat yang ditimbulkan dari minyak gosok dapat mengatasi rasa sakit akibat migrain.

7. Tidur dan beristirahat dengan cukup

Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu terjadinya migrain seperti halnya kekurangan tidur. Untuk itu cara mengatasi migrain yang disebabkan pola tidur yang tidak teatur, beristirahatlah yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup maka tubuh akan menjadi lebih fresh dan lebih rileks dari sebelumnya, dengan begitu rasa sakit kepala pun perlahan akan hilang. Selain itu pada saat tidur aturlah posisi tidur yang benar, karena posisi yang salahpun dapat memicu migrain. Hindari tidur dalam posisi yang akan membuat otot bagian leher menjadi tegang, buatlah posisi tidur serileks mungkin. Usahakan untuk mematikan lampu pada saat tidur, tidur dalam keadaan gelap dapat mengurangi rasa sakit kepala.

8. Mengkonsumsi makanan asin

Mengkonsumsi makanan asin memberikan manfaat mengatasi migrain dan membuat rasa sakit menjadi lebih membaik. Pada saat migrain kambuh dan kepala mulai terasa sakit maka ambil makanan yang asin seperti keripik, dll. Cemil makanan asin tersebut dan rasakan khasiat yang ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan asin tersebut.

9. Mengkonsumsi kopi

Mengkonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein dapat memberikan khasiat mengurangi rasa sakit akibat migraine. Karena itulah banyak sekali ditemukan kandungan kafein pada beberapa jenis obat. Meskipun dengan mengkonsumsi kopi dapat mengurangi rasa sakit akan tetapi tetap perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi minuman kafein, konsumsilah dalam jumlah yang cukup. Karena mengkonsumsi minuman berkafein dalam jumlah yang banyak sangat tidak baik untuk kesehatan yang ada akan membuat migrain semakin parah. Selain itu mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak akan membuat Anda menjadi ketergantungan.

10. Mengompres bagian kepala yang sakit dengan es

Cara lainnya untuk mengatasi rasa sakit akibat migraine yaitu mengompres menggunakan es. Cara mengompresnya yaitu siapkan kantong plastik kemudian masukkan es pada plastic tersebut atau boleh dengan air dingin. Lalu berbaringlah dan atur posisi tubuh senyaman mungkin, setelah itu kompreskan bungkusan es dalam plastis tersebut pada bagian kepala yang terasa sakit.

11. Mengkonsumsi air jeruk hangat

Selain mengkonsumsi minuman jahe hangat cara lain mengatasi migraine yaitu mengkonsumsi air jeruk hangat. Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang mempunyai khasiat meningkatkan daya imun tubuh. Dengan mengkonsumsi air jeruk hangat maka akan membantu meringankan rasa sakit akibat migraine.

Selain cara-cara tersebut Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi apel setiap hari, memijat menggunakan minyak wijen, mengkonsumsi teh peppermint, dll. Jika migraine kambuh secara tiba-tiba maka jangan membiarkannya segera ambil langkah untuk mengobatinya dengan melakukan salah satu cara yang telah dijelaskan diatas. Agar terhindar dari migraine atur gaya hidup sehat Anda istirahatlah yang cukup, konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan hindari berbagai hal yang membuat Anda menjadi stress. Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi migraine, semoga artikel ini bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.