Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

10 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Yang Terbukti Ampuh

Biang keringat merupakan gangguan pada kulit yang sering dialami oleh bayi dan juga balita dimana gejalanya terdapat bintik-bintik merah pada permukaan kulit dengan disertai rasa panas dan gatal. Pada umumnya biang keringat disebabkan akibat adanya suhu ruangan yang panas ataupun lembab, penggunaan pakaian yang tidak nyaman pada bayi, alergi dan juga pori-pori kulit bayi yang masih kecil sehingga keringat tidak lancar keluar. Meskipun biang keringat bukan satu gangguan yang serius akan tetapi jika tidak diobati akan menimbulkan berbagai resiko yang berbahaya.

Selain itu ketika bayi mengalami biang keringat bayi pun akan lebih rewel karena merasakan gatal dan panas yang disebabkan biang keringat tersebut. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi biang keringat diantaranya yaitu mengelap keringat bayi dengan lembut, menjaga kuulit bayi agar tidak lembab, menggunakan pakaian dengan bahan yang berkualitas, dsb.

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Agar bayi terhindar dari biang keringat maka perlulah kita mengetahui cara mengatasi biang keringat. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi biang keringat diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Menggunakan lidah buaya

Cara yang pertama untuk mengatasi biang keringat pada bayi yaitu menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dapat digunakan sebagai pendingin untuk biang keringat pada bayi sehingga rasa panas dan gatal menjadi lebih membaik. Selain itu lidah buaya mempunyai sifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi rasa gatal akibat biang keringat. Cara menggunakan lidah buaya untuk biang keringat yaitu ambil bagian gel pada lidah buaya kemudian oleskan pada bagian tubuh bayi yang terkena biang keringat. Setelah dioleskan gel lidah buaya tunggu 20 hingga 25 menit dan terakhir bilas menggunakan air dingin. Agar biang keringat cepat sembuh lakukan cara ini setidaknya 2 kali sehari dalam waktu satu minggu.

2. Menggunakan timun

Buah timun sama halnya dengan lidah buaya dapat memberikan rasa dingin pada kulit yang terasa panas. Dengan menggunakan irisan timun maka kulit yang terkena biang keringat akan terasa dingin dan gatal akan berkurang. Jika bayi sedang menangis akibat biang keringat gunakanlah timun maka tangisan bayi akan teredakan. Cara penggunaannya yaitu siapkan 1 buah timun kemudian iris tipis-tipis dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena biang keringat. Selain itu Anda juga dapat menghaluskan timun kemudian mengoleskannya pada kulit bayi dan tunggu 5 hingga 10 menit hingga serat-serat dari timun diserap oleh kulit bayi langkah terakhir bilas menggunakan air hingga bersih.

3. Menggunakan tepung kanji

Tepung kanji merupaka salah satu jenis tepung yang sering digunakan untuk bahan makanan. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata tepung kanji mempunyai khasiat untuk mengatasi biang keringat. Pengobatan menggunakan tepung kanji telah digunakan sejak dahulu kaya. Pada saat tepung kanji dioleskan pada kulit bayi yang terkena biang keringat maka rasa gatal akan berkurang sehingga bayi akan sembuh dari biang keringatnya. Cara penggunaannya yaitu lakukan pembaluran tepung kanji pada seluruh tubuh bayi. Sebelum akan menggunakan tepung kanji disarankan agar bayi mandi terlebih dahulu setelah selesai dimandikan tunggu hingga kulit bayi menjadi kering. Catatan penting yang harus diingat yaitu usahakan pada saat mengoleskan tepung kanji kondisi bayi sedang tidak berkeringat atau kepanasan.

4. Menggunakan minyak telon

Minyak telon merupakan minyak yang terbuat dari perpaduan minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa. Dengan menggunakan minyak telon maka biang keringat akan teratasi. Cara yang dilakukan yaitu oleskan minyak telon pada bagian kulit yang terkena biang keringat lakukan lah setiap bayi telah mandi. Pilihlah minyak telon yang mempunyai kandungan minyak kelapa lebih tinggi dari pada minyak adas dan minyak kayu putih.

5. Menghindari udara yang panas ataupun lembab

Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya biang keringat yaitu akibat suhu ruangan yang terlalu panas atau bahkan terlalu lembab. Untuk mengatasi hal tersebut jika saat akan ke luar dan membawa bayi lindungilah bayi dengan menggunakannya topi atau bawalah kipas agar bayi tidak kepanasan ketika terkena sinar matahari. Selain itu jika di rumah terdapat AC ataupun kipas angina maka jangan mengarahkan langsung pada si bayi. Lengkapi dan penuhi kebutuhan cairan buah hati pada saat bayi banyak berkeringat hal tersebut akan bayi terhindari dari dehidrasi.

6. Pilih pakaian dengan bahan yang nyaman

Faktor lainnya yang dapat memicu munculnya biang keringat yaitu jenis bahan pakaian. Pilihlah pakaian yang longgar dan tidak ketat. Selain itu jangan memilih pakaian dengan bahan kain polyester, nilon dan berbagai kain sintesis lainnya. Jangan terlalu sering menggunakan popok pada bayi karena hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya biang keringat.

7. Daun krokot

Cara yang ketujuh yaitu menggunakan daun krokot. Daun krokot atau Portulaca Oleracea sering kali digunakan orang Jawa sebagai tanaman lalapan. Daun krokot dapat dijadikakn obat tradisional dalam mengobati biang keringat. Cara menggunakannya yaitu siapkan beberapa helas daun krokot kemudian masukkan 3 gelas air dan rebus, tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih tiriskan dan gunakan air rebusan tersebut untuk diminum oleh bayi.

8. Daun tembelekan

Selain daun krokot ada jenis daun lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat yaitu daun tembeleka. Daun tembelekan atau Lantana Camara Linn merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Cara penggunaannya yaitu siapkan beberapa helas daun tembelekan kemudian masukkan 3 gelas air rebus hingga air menjadi hangat. Setelah hangat gunakan air untuk membasuh kulit bayi yang terkena biang keringat.

9. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan kacang-kacangan yang mengandung protein yang tinggi. Kacang hijau ternyata dapat mengatasi biang keringat pada bayi. Cara penggunaannya yaitu siapkan 1 ons kacang hijau kemudian haluskan kacang hijau. Setelah halus seduh menggunakan air panas dan dinginkan terlebih dahulu. Setelah dingin minuman sari kacang hijau tersebut dapat dikonsumsi oleh bayi.

10. Menggunakan kulit semangka

Cara yang kesepuluh yaitu menggunakan kulit semangka. Cara penggunaannya yaitu siapkan kulit semangka kemudian gosokkan bagian dalam kulit semangka pada kulit yang terkena biang keringat. Selain kulit semangka Anda juga dapat menggunakan es batu untuk meredakan rasa panas akibat biang keringat. Caranya yaitu masukkan es batu pada kain kemudian tempelkan kain tersebut pada kulit yang terkena biang keringat.

Itulah beberapa cara mengatasi biang keringat yang dapat dilakukan. Selain sepuluh cara tersebut ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan diantaranya yaitu mencukupi asupan vitamin C sehingga bayi akan terhindar dari biang keringat, gunakan lotion ketika diperlukan saja dan jangan terlalu sering menggendong bayi. Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi biang keringat pada bayi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • apa boleh biang keringat di olesi geliga
  • apakah daun sirih bisa mengobati biang keringat pada bayi
  • bolehkah minyak telon utk biang keringat
  • Cara mengatasi biang keringat pada anak sesudah cacar
  • cara mengatasi biang keringat pada bayi pakai daun sirih
  • daun sirih dapat mengobati biang keringat pada bayi
  • gatal pada bayi
  • manfaat daun sirih mengatasi biang keringat pada bayi
  • mengobati biang keringat pada bayi
  • minyak kayu putih buat biang keringat
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.