Informasi Kecantikan, Psikologi, Kesehatan, Ibu Hamil dan Anak

10 Cara Melancarkan ASI Serta Memperbanyak Dengan Makanan Dan Merubah Kebiasaan

ASI atau air susu ibu merupakan larutan kompleks yang mengandung banyak sekali nutrisi mulai dari karbohidrat, lemak dan juga protein. ASI merupakan jenis asupan terbaik untuk bayi karena dengan ASI berbagai malnutrisi dapat tercegah. Semua kebutuhan nutrisi bayi akan terpenuhi dengan mengkonsumsi ASI. Biasanya bayi akan mengkonsumsi ASI selama kurang lebih 1 tahun. Pada ASI terdapat berbagai kandungan zat gini yang dibutuhkan bayi, selain itu terdapat zat yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh pada bayi. ASI mempunyai manfaat menjaga sistem kekebalan tubuh pada bayi, melindungi dari berbagai alergi dan infeksi, mengoptimalkan pertumbuhan bayi, dll.

Cara Melancarkan Asi Dengan Mudah

Kandungan ASI pada setiap wanita berbeda-beda hal ini dikarenakan kandungan ASI sangat dipengaruhi oleh apa saja jenis makanan yang dikonsumsi oleh wanita tersebut. Selain itu tidak semua Ibu dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak ada beberapa Ibu yang mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI. Kelancaran produksi ASI dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu hormone, pola makan yang dikonsumsi, kondisi psikis, alat kb, penggunaan obat-obatan, bayi yang kurang bisa mengisap ASI, dll. Jika Anda mengalami kesulitan dalam produksi ASI maka Anda dapat mencoba melakukan beberapa cara melancarkan ASI berikut ini. Apa saja cara melancarkan ASI? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Melakukan pijat payudara

Cara yang pertama yaitu lakukan pijat payudara. Memijat payudara dilakukan agar produksi ASI menjadi lancar dan meningkat. Cara memijat payudara untuk melancarkan produksi ASI diantaranya yaitu :

  • Siapkan handuk hangat kemudian tempelkan pada payudara selama 1 menit dan ulangi 2 hingga 5 kali.
  • Lakukan pemijatan dengan diawali pada bagian pangkal payudara atau putting payudara. Pijat menggunakan jari telunjuk dan tengah lakukan pijatan dengan arah dari atas menuju bawah.
  • Kemudian lakuan pijatan melingkar pada bagian buah payudara pijat selamai kurang lebih 30 detik dan lakukan gerakan memutar mengikuti bentuk payudara. Lakukan gerakan seperti bentuk obat nyamuk lakukan sebanyak 3 hingga 4 kali.
  • Lakukan ketiga cara tersebut pada kedua payudara Anda

Selain memijat Anda juga harus rajin membersihkan payudara. Ketika akan membersihkan payudara jangan memberikan sabun pada bagian areola dan juga puting karena jika digunakan pada bagian puting ataupuna reola makan akan menjadi kaku.

2. Pompa ASI

Cara yang kedua yaitu memompa ASI. Siapkan alat pompa ASI untuk melancarkan ASI, lakukanlah setiap kali Anda selesai menyusui. Lakukan pompa hingga ASI banyak keluar, tujuan dilakukannya pompa ASI yaitu memberi rangsangan pada payudara agar dapat mengeluarkan ASI. Memompa ASI juga bertujuan untuk mengosongkan ASI yang tersisa dengan begitu akan dilakukan produksi ASI kembali. Cara melakukan pompa ASI yaitu gunakan alat pompa ASI kemudian pompa pada payudara selama kurang lebih 10 menit lakukan pompa pada kedua bagian payudara. Jika memungkingkan lakukan pompa ASI pada jam 2 hingga 5 pagi karena pada jam tersebut produksi ASI akan meingkat.

3. Kompres payudara

Bila ASI tidak lancar disebabkan karena puting yang mengeras maka cara yang dapat dilakukan yaitu mengompres payudara. Kompreslah payudara menggunakan handuk hangat, kemudian tekan-tekan pada bagian puting yang keras selama beberapa menit. Lakukan secara berulang pada kedua putting. Dengan mengompres menggunakan handuk hangat maka puting tidak akan mengeras lagi sehingga ASI pun akan keluar dengan lancar.

4. Konsumsi makanan yang dapat memperlancar ASI

Cara yang keempat untuk melancarkan ASI yaitu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pada saat ibu menyusui, ibu memerlukan tambahan kalori sebanyak 300 kali oleh karena itu pilihlah makanan yang bergizi. Beberapa contoh makanan yang dapat melancarkan ASI diantaranya yaitu daun katuk, wortel, bayam, papaya, pare, dll. Pare merupakan salah satu jenis makanan yang dapat melancarkan ASI dengan cepat, meskipun mempunyai rasa yang pahit akan tetapi khasiat untuk ASI sangatlah luar biasa. Pilihlah jenis makanan yang mengandung vitamin, protein, mineral dan juga karbohidrat.

5. Atur posisi menyusui dengan benar

Seringkali Ibu merasa sakit pada saat menyusui hal tersebut menjadi pemicu berhentinya Ibu memberikan ASI pada bayi sehingga bayi pun mengkonsumsi susu formula. Pada saat bayi sudah mulai mengkonsumsi susu formula maka produksi ASI pun akan menjadi tidak lancar. Untuk menghindari hal tersebut maka aturlah posisi yang tepat agar saat menyusui tidak terasa sakit. Posisi menyusui yang benar yaitu bayi menempel pada bagian payudara ibu. Posisi dagu dan mulut bayi menempel tepat pada payudara dan areola payudara pun tertutup oleh mulut bayi. Posisi lainnya yang harus diperhatikan yaitu posisi puting dan lengan bayi harus berada pada satu garis lurus.

6. Banyak mengkonsumsi air putih

Air putih mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi air putih setidaknya sehari 8 gelas maka akan membantu melancarkan ASI selain itu dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Selain air putih Anda juga dapat mengkonsumsi jus buah ataupun sayur tanpa mengandung gula sedikitpun. Hindari untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ataupun bahan kimia lainnya.

7. Hindari stress

Faktor lain yang mempengaruh produksi ASI tidak lancar yaitu adanya tekanan pada psikis Ibu. Untuk itu jika Anda ingin produksi ASI lancar maka hindari dari hal yang membuat Anda stress. Buatlah suasana hati menjadi nyaman selalu berpikir positif agar dalam menghadapai berbagai persoalan hidup tidak membuat Anda stress. Jika Anda mempunyai tekanan yang kuat maka ceritakan pada suami dan jadikan lah suami sandaran agar stress teratasi.

8. Skin to skin contact

Cara yang kedelapan yaitu lakukan kontak langsung kulit ke dada. Cara tersebut merupakan salah satu cara agar produksi ASI lancar selain itu akan membuat emosi bayi dan Ibu semakin dekat. Oleh karena itu ketika menyusui usahakan agar kulit ibu bersentuhan dengan kulit bayi, jangan membuat kulit ibu terhalangi oleh baju, bra ataupun kaos. Sedangkan bayi biarkan bayi hanya menggunakan popok saja. Hal tersebut akan merangsang produksi ASI sehingga ASI akan menjadi lancar.

9. Jangan gunakan dot

Seringkali bunda mempunyai waktu sibuk sehingga melakukan pompa ASI dan memberikan pada bayi melalui botol susu ataupun dot. Hal tersebut haruslah dihindari meskipun Anda mempunyai waktu yang sibuk usahakan untuk menyusui langsung dengan payudara. Pada saat bayi menggunakan dot maka akan menyebabkan bayi merasa kebingungan manakah putih dan manakah dot. Dengan begitu maka pada saat Anda akan menyusui bayi akan menolak karena telah terbiasa menggunakan dot. Hal tersebut akan memicu produksi ASI menjadi tidak lancar. Oleh karena itu jangan gunakan dot ataupun botol susu.

10. Merawat payudara

Melakukan perawatan payudara sangat berpengaruh dalam produksi ASI. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk merawat payudara yaitu membersihkan dan melakukan pijatan. Cara membersihkan puting payudara yaitu gunakan baby oil setiap Anda akan mandi (sebelum mandi). Lakukan disertai dengan memilin-milin puting, lakukan hal tersebut secara rutin. Selain itu sertai dengan melakukan pijatan.

Itulah beberapa cara melancarkan ASI yang dapat bunda dilakukan. Selain 10 cara tersebut ada beberapa cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk melancarkan ASI diantaranya yaitu bergantian payudara saat menyusui, tidur yang cukup, melakukan hypno-breastfeeding, dll. Sekian pembahasan mengenai cara melancarkan ASI. Semoga artikel ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara melancarkan asi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.