Jangan Panik! Simak Cara Mengatasi Sesak Napas yang Benar Ala SehatQ.com

sesak napas

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya pasokan udara yang masuk ke dalam paru paru dinamakan dengan sesak napas atau dyspnea. Seorang yang terkena penyakit satu ini lantaran disebabkan oleh beberapa hal seperti, asma, alergi, atau merokok. Untuk lebih jelasnya anda bisa menengok di direktori penyakit SehatQ.com. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya.

Cara Mengatasi Dyspnea

  1. Melakukan Pernapasan Melalui Mulut

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika dyspnea kambuh, yakni dengan melakukan pernapasan melalui mulut. Bisa dibilang, jikalau langkah satu ini merupakan cara sederhana tanpa gunakan obat dan dapat memperlambat laju pernapasan si penderita. Ahli medis pun mengatakan cara pernapasan melalui mulut pun sangat ampuh tangani jika disebabkan oleh kecemasan.

Cara satu ini pun membantu melepaskan oksigen yang terperangkap di paru paru. Untuk bisa melakukannya, pertama tama duduklah secara tegak di kursi dengan bahu bersandar. Lalu tenangkan diri anda agar otot leher dan bahu menjadi rileks. Perlahan lahan tarik napas melalui hidung selama dua hitungan, dan usahakan untuk tidak membuka mulut.

Direktori penyakit pun menjelaskan langkah selanjutnya yakni mengencangkan bibir, seolah olah akan bersiul. Kemudian keluarkan napas secara perlahan melalui mulut hingga hitungan keempat. Usai melakukannya, ulangi kembali cara satu ini selama 10 menit. Sebetulnya, cara bernapas melalui mulut ini bisa dilakukan kapan saja jika dyspnea sedang kumat.

  1. Melakukan Pernapasan Secara Dalam

Dengan melakukan pernapasan secara dalam melalui perut sebenarnya dapat membantu anda untuk atasi dyspnea. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni berbaring dan letakkan tangan di atas perut. Lalu tarik napas secara dalam dalam melalui hidung dan tarik perut hingga paru paru bisa terisi udara dengan penuh. Selanjutnya tahanlah napas tersebut selama beberapa detik.

Bila sudah, keluarkan secara perlahan melalui mulut. Langkah semacam ini, mampu mengosongkan udara di paru paru dengan baik. Usahakan untuk mengulangi beberapa langkah yang disebutkan di atas selama 5 hingga 10 menit. Bila perlu, anda bisa melakukan cara mengatasi yang disebutkan di dalam direktori penyakit ala SehatQ.com ini setiap kali merasakan dyspnea.

  1. Melakukan Posisi Tertentu

Cara berikutnya yang bisa mengatasi penyakit dyspnea yakni dengan melakukan beberapa posisi baik itu duduk, berdiri, maupun berbaring. Bila dyspnea disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan atau kegelisahan, maka bisa dikatakan cara satu ini akan sangat membantu. Beberapa posisi yang dapat dilakukan yakni duduk di kursi dengan kepala di topang oleh bantal di atas meja.

Atau berdiri dengan menyandarkan punggung dan pinggan pada tembok atau dinding. Jika masih belum mempan, cobalah berdiri dengan tangan ditopang di atas meja atau berbaring dengan kepala dan lutut yang ditopang oleh bantal. Hebatnya lagi, dengan melakukan beberapa posisi tersebut si penderita dyspnea akan terbantu karena ampuh tingkatkan kemampuan untuk bernapas.

  1. Konsumsi Minuman Jahe Segar

Sebagaimana yang diketahui, jikalau jahe mengandung zat yang mampu membuat tubuh merasakan kehangatan. Di samping itu, ternyata tumbuhan herbal satu ini sangat ampuh dalam menangani dyspnea yang disebabkan oleh infeksi pernapasan. Cara atasi sesak napas satu ini sangat mudah, yakni dengan membuat minuman dari campuran air hangat dan jahe segar.

Tatkala dyspnea menyerang anda, sebetulnya hal pertama yang harus dilakukan yakni tenangkan diri terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak merasa panik, agar tubuh merasa lebih rileks dan membantu saluran pernapasan kembali bekerja lagi. Untuk bisa mengatasinya, anda bisa melakukan beberapa cara yang telah disebutkan diatas sebagai solusi terbaik.